header mandadee

5 Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa, Nomer 5 Paling Menjanjikan!

Post a Comment
Konten [Tampil]

entrepreneur


Cari usaha modal 1 juta untuk mahasiswa, memang ada? Ada banget, dong! Menjadi mahasiswa kamu tidak melulu hanya belajar di kampus, tetapi juga kamu bisa menggali potensi entreprenur dengan berwirausaha. Jujur saja, saat menjadi mahasiswa saya merasa telat memiliki keinginan untuk menghasilkan uang sendiri.

Saat itu, baru di semester 7 dan 8, saya mulai mencari lowongan kerja part time untuk mengisi sela waktu kuliah yang tidak lagi penuh waktu seperti semester-semester awal. Entah apa yang mendorong saya mencari pekerjaan paruh waktu saat itu. Saya lupa. Namun, banyak hal yang saya pelajari di sini, ketika saya terjun ke dunia kerja meski hanya pekerjaan paruh waktu.

Begitu pula dengan membangun sebuah bisnis, kenapa tidak dimulai saat masih duduk dibangku kuliah? Jangan takut memulai, yuk! Kalau kamu punya modal 1 juta, ini 5 rekomendasi usaha modal 1 juta untuk mahasiswa.

Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa

Usaha apa ya, yang modalnya cukup 1 juta? Tenang, usaha modal 1 juta untuk mahasiswa itu menurut saya sudah sangat cukup. Tidak perlu muluk-muluk memiliki usaha besar, kecil-kecilanpun jadi. Modal kecil, untung besar? Kenapa tidak!

Apalagi di tahun 2023, sudah cukup maju dengan digitalisasi. Pemasaran melalui digital sudah sangat biasa, yang mana jangkauan pasar sudah cukup luas. Kalau di zaman 2009 lalu teman-teman saya saja bisa membuka usaha, kenapa di zaman digitalisasi ini tidak bisa? Nah, ini dia usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang bisa kamu pertimbangkan!

usaha modal 1 juta untuk mahasiswa



5 Rekomendasi Usaha Modal 1 Juta Untuk Mahasiswa

1. Menjual Atribut Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK)

Biasanya, saat Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) untuk mahasiswa baru , mahasiswa diwajibkan membawa atribut-atribut OSPEK yang sudah diinformasikan sebelumnya baik tingkat fakultas ataupun universitas. Teman-teman mahasiswa bisa loh, menawarkan jasa pembuatan atribut OSPEK untuk mahasiswa baru. Tidak sedikit kok, mahasiswa baru yang tidak mau susah-susah membuat perlengkapan tersebut.

Dengan modal usaha 1 juta, teman-teman bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mendapatkan penghasilan lebih. Teman-teman juga bisa bekerja sama dengan teman mahasiswa lainnya. Untuk pemasaran, bisa menawarkan langsung, bisa bekerja-sama dengan panitia pelaksana agar mereka merekomendasikan jasa teman-teman, ataupun bekerjasama melalui media sosial fakultas dan Universitas.

Meski, hanya momen tahunan, percaya tidak percaya, teman-teman akan mendapat keuntungan yang layak. Saat kuliah, untuk mendanai sebuah project jurusan, saya dan teman-teman dana usaha dari kepanitiaan pun melakukan usaha satu ini.

2. Menjual Pernak-Pernik Kampus

Emang masih ada yang tertarik dengan pernak-pernik kampus? Eits, jangan salah! Biasanya, sebagai mahasiswa baru, mereka merasa bangga jika memiliki pernak-pernik yang menonjolkan identitas mereka sebagai mahasiswa di universitas tersebut. So, usaha modal 1 juta untuk mahasiswa selanjutnya adalah teman-teman mahasiswa bisa membuat atribut almamater seperti sticker, pin, gantungan kunci, baju, notebook, tumblr atau apapun yang berhubungan dengan identitas jurusan, fakultas, ataupun universitas. Selain untuk digunakan sendiri, mereka juga biasanya, membeli untuk dijadikan oleh-oleh di kampung halamannya hihi.

Bagaimana caranya memulainya? Teman-teman tentunya terlebih dahulu membuat design semenarik mungkin, bisa menggunakan Coreldraw, Photoshop, atau sekarang ada aplikasi Canva yang memudahkan teman-teman mahasiswa membuat design. Langkah selanjutnya, pilih percetakan yang murah namun memiliki kualitas yang baik. Setelah jadi, lakukan pemasaran baik secara online melalui media sosial, ataupun secara offline di mana teman-teman bisa menitipkannya di koperasi-koperasi atau kantin kampus.

3. Jasa Foto Copy

Sebagai mahasiswa jasa foto copy dan print ini sangat menjanjikan, loh! Mungkin teman mahasiswa bertanya-tanya memang cukup memulai jasa foto copy dengan modal 1 juta? Percaya deh, cukup! Hihi

Untuk jasa foto copy, teman mahasiswa tidak perlu membeli mesin foto copy. Di sini, teman mahasiswa bisa menawarkan jasa untuk memfoto-copy kan baik materi maupun tugas, kemudian teman mahasiswa bisa bekerja-sama dengan pemilik tempat foto copy dengan membagi hasil. Selain itu, teman mahasiswa juga bisa bekerja sama baik dengan dosen ataupun asisten dosen yang biasanya memiliki materi atau tugas mata kuliah yang harus di-copy oleh seluruh mahasiswa. Mintalah kerjasama agar materi dan tugas tersebut kamu yang pegang, setelahnya dosen atau asisten dosen akan memrekomendasikan agar materu atau tugas perkuliahan bisa di foto copy ke kalian.

4. Jasa Printing

Selain jasa foto copy, teman mahasiswa juga bisa loh membuka jasa printing. Biasanya tidak semua mahasiswa memiliki printer sendiri. Nah, ini bisa kamu jadikan kesempatan memulai usaha modal 1 juta dengan membuka jasa printing loh!

Tenang, teman mahasiswa tidak perlu membeli banyak printer, satu saja cukup kok untuk memulai jasa printing. Selanjutnya, tawarkanlah jasas printing kepada teman-teman terdekat terlebih dahulu. Tawarkan dengan harga yang lebih murah dibanding harga rental printing lainnya untuk memikat pengguna jasa yang teman mahasiswa tawarkan.

Siapa tahu, dari keuntungan yang didapatkan bisa membuka jasa printing yang lebih besar!

5. Content Creator

Usaha modal 1 juta untuk mahasiswa selanjutnya yang saya rekomendasikan adalah menjadi content creator. Wah, nomor 5 pasti banyak diminati teman mahasiswa! Content creator ini banyak macamnya ya, teman mahasiswa. Dari menulis sampai membuat video. Tinggal pilih mana yang paling menjadi minat kamu.

Dengan modal 1 juta, jika teman mahasiswa tertarik membuat kontent dalam bentuk tulisan, teman mahasiswa bisa membangun blog profesional. Tapi, jika teman mahasiswa tertarik membuat dan editing video, manfaatkan modal 1 juta untuk membli alat tempur membuat video atau foto, serta upskill tentang content creator.

Teman mahasiswa bisa membuat konten apapun yang berkualitas, memiliki keunikan yang berbeda dari yang lainnya, jangan lupa konsisten! Content creator ini merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini banyak dicari loh!

Penutup

Itulah 5 usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang saya rekomendasikan. Kira-kira, ide usaha manakah yang membuat teman mahasiswa tertarik? Ada banyak keuntungan yang bisa didapat loh, jika teman mahasiswa mau memulai usaha sebelum terjun ke dunia kerja. Salah satunya adalah bisa menjadi portofolio saat melamar kerja nanti. Bahkan, bisa meneruskan usaha yang kamu bangun saat ini hingga setelah lulus nanti. Namun, jangan sampai tanggung jawab utama sebagai pelajar (mahasiswa) terbengkalai, ya!
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment