header mandadee

Kemudahan Aplikasi Absensi Online untuk Pekerja Konstruksi

11 comments
Konten [Tampil]
Aplikasi absensi online

Tak bisa dipungkiri, era digital menawarkan banyak kemudahan dalam melakukan banyak hal. Hampir semua bidang dilakukan secara online. Tak terkecuali dengan absensi karyawan yang kini, dapat dilakukan secara mobile menggunakan aplikasi absensi online.

Absensi karyawan merupakan salah satu hal yang sangat penting sebagai tolak ukur kinerja karyawan. Melalui data absensi karyawan, biasanya sebuah perusahaan bisa mengevaluasi setiap karyawan untuk penilaian kinerja dan produktivitas perusahaan.

Lalu bagaimana dengan pekerja konstruksi, di mana karyawan bekerja di lapangan konstruksi tidak terpantau secara langsung oleh perusahaan? Di sini lah, peran aplikasi absensi online untuk pekerja konstruksi agar dapat terpantau oleh perusahaan di pusat.

Kekurangan Sistem Absensi Manual Karyawan

Sebagai orang yang pernah bekerja sebagai administrasi proyek konstruksi, menurut saya kebutuhan aplikasi absensi online sangatlah penting. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kami pekerja konstruksi bekerja di lapangan, di mana tidak ada HRD atau karyawan pusat yang mengawasi secara langsung kinerja kami.

Kami dibentuk dalam satu tim pengawasan, yang kebetulan saat itu tim kami hanya beranggotakan 6 orang. Salah satu tugas sebagai administrasi proyek adalah mencatat data absensi karyawan. Di mana laporannya berisikan informasi tentang waktu hadir dan pulang karyawan, keterlambatan karyawan, dan waktu lembur karyawan.

Kebetulan saat itu, kami masih menggunakan sistem manual untuk melakukan absensi karyawan. Namun, penggunaan absensi karyawan secara manual memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah kekurangan absensi manual yang pernah saya alami:

1. Tidak Efektif dan Efisien

Meski hanya berisi 6 karyawan, akan tetapi penggunaan sistem manual untuk absensi karyawan tidak efektif dan efisien. Mencatat dan mengevaluasi absensi karyawan selama 30 hari secara manual akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, akan terjadinya pemborosan waktu dalam mengevaluasi.

Begitu juga ketika proses absensi, di mana karyawan harus mengantre terlebih dulu untuk melakukan absensi. Sehingga karyawan tidak langsung melakukan pekerjaannya.

2. Boros Kertas

Sistem absensi manual memerlukan banyak kertas untuk mencatat kehadiran setiap harinya. Tentu saja banyaknya kertas yang digunakan membuat boros kertas serta memerlukan biaya lebih untuk membeli kertas. Selain itu, penggunaan kertas yang berlebih tidak ramah lingkungan.

3. Tidak Akurat

Mencatat absensi secara manual bisa jadi memiliki hasil yang tidak akurat. Memungkinkan adanya manipulasi data oleh karyawan yaitu ketika karyawan terlambat datang, namun dicatat tepat waktu. Terlebih lagi jika ada karyawan yang berani titip absen, padahal karyawan tersebut tidak masuk kerja.

Begitu juga dengan pencatatan lembur, ketika adanya manipulasi data akan berpengaruh terhadap produktivitas karyawan serta pengeluaran yang membengkak untuk lembur.

4. Human Error

Human error sangat mungkin terjadi ketika data absensi diatur secara manual. Perhitungan lembur yang salah, rekapitulasi absensi yang salah, di mana akan berdampak terhadap evaluasi karyawan. Oleh karena itu, mempertimbangkan berbagai kekurangan penerapan absensi secara manual, aplikasi absensi online akan memberikan kemudahan yang menawarkan solusi dari berbagai keurangan tersebut.

Kemudahan Aplikasi Absensi Online Gajihub untuk Pekerja Konstruksi

aplikasi absensi online


Aplikasi absensi online tentu saja lebih memudahkan dalam pencatatan absensi dibandingkan pencatatan yang dilakukan secara manual. Begitu juga hasilnya yang lebih akurat, sehingga manfaat dari laporan absensi itu sendiri dapat dirasakan secara optimal.

Manfaat laporan absensi itu sendiri diantaranya :

1. Sebagai Tolak Ukur Kinerja dan Produktivitas Karyawan

Mengapa data absensi bisa menjadi tolak ukur kinerja dan produktivitas karyawan? Melalui laporan absensi kita dapat mengetahui karyawan mana yang datang tepat waktu, berapa kali karyawan datang terlambat. Begitu juga dengan data karyawan yang menambah jam kerja.

Melalui aplikasi absensi online kita bisa memiliki data-data tersebut secara akurat dan format laporan yang lengkap. Sehingga dapat digunakan untuk evaluasi yang maksimal.

2. Pembayaran Gaji Karyawan yang Akurat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, adanya manipulasi terhadap absensi akan berdampak pada perhitungan gaji, karena pembayaran gaji karyawan akan selalu bersangkutan dengan absensi karyawan. Perhitungan gaji akan selaras dengan berapa jumlah absen dari karyawan tersebut.

Selain itu perhitungan waktu lembur juga sangat krusial untuk diperhitungkan, maka dari itu kamu bisa melihat dari data laporan absensi karyawan. Laporan absensi yang berantakan dan tidak akurat tentang izin dan lembur setiap karyawan mengakibatkan pembayaran di akhir bulan dipertanyakan

3. Memantau Operasional Perusahaan Berjalan dengan Baik

Laporan absensi yang baik bisa melihat berapa jumlah karyawan yang bekerja setiap harinya, berapa jumlah karyawan yang masuk, jumlah karyawan yang lembur, atau karyawan yang cuti pada hari itu. Dengan begitu, kita bisa mengetahui apakah operasional perusahaan sudah berjalan baik dan apakah di hari tertentu atau di periode tertentu perusahaan perlu mengevaluasi kembali.

Aplikasi Absensi Online GajiHub  

gajihub


GajiHub merupakan software payroll dan HR yang memiliki fitur absensi online. Sebagai pekerja proyek, di mana harus melaporkan laporan absensi di lapangan ke pusat, GajiHub dapat memudahkan pelaporan. Pasalnya, GajiHub dapat mengakses data karyawan secara real time. Sehingga, kantor pusat tidak harus menunggu menerima laporan absensi setiap karyawan sampai akhir bulan.

Beberapa fitur unggulan untuk data absensi onlne dari GajiHub yang memudahkan adalah sebagai berikut:

1. Absensi dengan GPS

Absensi dengan GPS tentu saja dapat memberikan data absensi karyawan dengan akurat. Melalui fitur GajiHub ini, data kehadiran dapat terpantau secara akurat melalui lokasi absensi dengan dukungan GPS dan Selfie. Sehingga sangat memungkinkan tidak adanya manipulasi absensi.

2. Abuse Detection

Kecurangan atau manipulasi data juga bisa di atasi dengan fitur abuse detection. GajiHub sudah dilengkapi sistem software abuse detection, di mana sistem software abuse detection ini akan menolak presensi jika diketahui menggunakan Fake Gps, Fake IP, dan juga berdasarkan Face Recognition.

Dengan begitu, kedisiplinan karyawan bisa terjaga.

3. Integrasi Mesin Absensi Fingerprint

Kebetulan saat itu di lapangan tidak menggunakan absensi fingerprint. Namun, jika perusahaan atau bisnis miliki teman-teman masih menggunakan fingerprint untuk proses presensi dan absensi, melalui aplikasi absensi online GajiHub teman-teman bisa melakukan sinkronisasi jadwal otomatis secara real time dengan fitur absensi mobile atau mesin fingerprint tanpa perlu penyesuaian manual.

4. Pengelolaan Lembur dan Cuti

Fitur pengelolaan lembur dan cuti akan memberikan data yang akurat bagi karyawan cuti dan lembur. Di mana data karyawan akan tercatat & terhitung secara otomatis sehingga kalkulasi deduksi dan allowance ke software payroll menjadi akurat.

5. Software Pengelolaan Absensi

GajiHub memiliki fitur clock-in dan clock-out online dalam pengelolaan absensi, di mana fitur ini akan memudahkan presensi karyawan. Penghitungan gaji bisa dilakukan lebih cepat dan mudah karena sistem rekap absensi dan payroll terintegrasi dalam satu aplikasi.

6. Aplikasi Terintegrasi dengan Fitur Payroll

Rekap dan hitung otomatis data kehadiran dengan cepat sesuai jam kerja, cuti, dan lembur ke payroll tanpa proses manual.

Penutup

Berbagai fitur menarik dari aplikasi absensi online Gajihub, tidak hanya memudahkan saya sebagai tenaga administrasin proyek di lapangan, akan tetapi HR di kantor pusat pun akan terbantu. Melalui satu aplikasi, semua data dapat tersinkronisasi dan terpantau secara real time. Sehingga, saya ataupun HR di kantor pusat tidak memerlukan waktu lama untuk proses rekapitulasi. Gunakan aplikasi absensi online Gajihub untuk data yang lebih akurat.


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time
Newest Older

Related Posts

11 comments

  1. Mbak Manda pernah bekerja di proyek konstruksi juga ya. Bedanya, saya dulu bagian lapangan, Mbak Manda di administrasi ya.
    Masalah presensi, emang betul, dulu waktu jadul, masih manual, sering banget nemu ketidaksinkronam data, sekarang udah pada canggih ya, serba otomatis dan simpel dengan gajihub

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernaaah pak, dulu di Bali administrasi merangkap tenaga lapangan wkwkwk, pak yonal pernah di konstruksi juga?
      banget pak, belum lagi klo ada manipulasi ya wkwkw

      Delete
  2. Menurutku lebih aman dan valid menggunakan absensi finger print. Tapi zaman sekarang semua seba aplikasi ya...
    Lebih mudah, praktis dan lebih fair juga kalao pake aplikasi GajiHub

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas banget gajihub bisa sinkron sama finger print juga pak, jadi bisa langsung ke sistem payroll

      Delete
  3. Kalau ada absensi online gini, yang penting ada jaringan internet sekali isi beres semua ya, mbak. Kalau manual, hitung satu-satu. Berkali-kali pula sampai pusing lihatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeetttt pak, untuk cuma 6 orang waktu itu wkwkwkw

      Delete
  4. Belum pernah ngalamin absen online nih. Meski sepertinya tetap bisa dimanipulasi ya...

    Soalnya pernah lihat temen yang tetiba ganti kerudung pas mau absen.

    ReplyDelete
  5. Gaji hub ini lengkap banget ya. Ini kalau diaplikasikan untuk perusahaan emang paling pas. Minim eror dan manipulasi data nie.

    ReplyDelete
  6. Manual emang terlihat ribet tapi aku merasa beberapa hal perlu dicatat manual hehhee

    Namun era teknologi memang memudahkan aktivitas kita sih sku sendiri merasakan transformasi absensi dari manual hingga pakai waja jadi cuku nunjukin wjaah gitu presensinya

    Gajihub oke juga ya

    ReplyDelete

Post a Comment