header mandadee

Treatment Ampuh Untuk Mengobati Jerawat Punggung dan Menghilangkan Noda

Post a Comment
Konten [Tampil]
treatment jerawat punggung


Hai, Moms! Selain di wajah, jerawat juga kerap muncul di tempat lainnya seperti punggung, dada, dan bahu. Tempat – tempat tersebut menjadi tempat ternyaman untuk jerawat tumbuh karena memiliki kelenjar penghasil minyak.

Jerawat di punggung bisa sangat mengganggu dan kemunculannya kerap dikaitkan dengan aktivitas olahraga yang menyebabkan meningkatnya keringat dan gesekan dari pakaian. Perawatan untuk mengatasi jerawat di punggung tergantung pada tingkat keparahannya.

Treatment Jerawat Punggung

Lantas, bagaimana treatment jerawat punggung yang ampuh? Melansir dari Everyday Health, berikut treatment ampuh untuk mengobati jerawat di punggung sekaligus menghilangkan noda yang mengganggu:

1. Menggunakan Produk Perawatan Tanpa Resep

Untuk mengatasi jerawat punggung yang ringan, momies bisa gunakan krim dan gel jerawat yang dijual bebas di pasaran dengan kandungan bahan – bahan seperti benzoil peroksida, resorsinol, asam salisilat, dan belerang yang bisa membantu menghilangkan noda dan mencegah munculnya noda baru.

Untuk mengoleskan krim jerawat ke punggung, kemungkinan besar momies memerlukan bantuan seseorang dan akan lebih mudah menggunakan sabun mandi dengan kandungan bahan pembasmi jerawat.

Dokter kulit dan direktur medis Mdacne di San Fransisco Yoram Harth mengemukakan pendapat bahwa mandi secara teratur belum cukup kuat untuk membantu mengatasi masalah jerawat pada tubuh.

Menurutnya, untuk mendapatkan efek yang nyata, momies membutuhkan pembersih tubuh yang mengandung obat dengan bahan yang mengandung asam salisilat, sehingga bisa membuka pori – pori kulit yang tersumbat dan membunuh bakteri jerawat.

2. Segera Mandi Setelah Berolahraga


Panas dan kelembapan memicu pertumbuhan bakteri, sehingga mandi setelah olahraga harus segera dilakukan. Namun, jika tidak bisa langsung mandi, bisa gunakan dulu tisu basah untuk menghilangkan keringat sebanyak mungkin dari tubuhmu dan segera ganti pakaian.

3. Mandi Secara Teratur Dengan Sabun “Noncomedogenic” Atau “Oil-Free”


Agar terhindar dari penyumbatan pori – pori di punggung, momies bisa pilih sabun mandi yang bertuliskan “noncomedogenic” atau “oil-free” pada kemasannya. Hindari menggunakan sabun antibakteri, astringent, dan scrub abrasif karena bisa menyebabkan jerawat makin parah.

Bersihkan kulit dengan lembut dan hindari penggunaan scrub atau exfoliator yang keras karena bisa merusak lapisan pelindung kulit dan makin memperburuk jerawat di tubuhmu.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Sinar ultraviolet (UV) matahari bisa menggelapkan jerawat sehingga mengakibatkan munculnya bekas luka di punggung dan tubuh. Oleh karena itu, selalu gunakan krim tabir surya sesuai petunjuk pemakaian. Selain menghilangkan jerawat, krim tabir surya juga bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan kanker kulit.

5. Hindari Memencet Jerawat


Memencet jerawat bisa mengakibatkan jerawat makin parah dan bahkan merusak kulit. Harth mengungkapkan bahwa kulit di tubuh akan pulih lebih lambat daripada kulit di wajah dan jika sering memencet jerawat maka bisa menyebabkan munculnya bintik – bintik cokelat serta bekas luka.

6. Cuci Seprai Secara Teratur


Mulailah dari sekarang membiasakan mengganti atau mencuci seprai sekali atau dua kali seminggu, terutama jika kamu sering tidur terlentang! Mencuci seprai secara teratur efektif menghilangkan bakteri dan sel kulit mati dari alas tidur yang menyumbat pori – pori dan memperpanjang jerawat.

7. Konsultasi Dengan Dokter Kulit Bersertifikat

Jika treatment mandiri tidak mampu mengatasi masalah jerawat di punggung, momies bisa membuat janji temu dengan dokter kulit bersertifikat. Seorang dokter spesialis bisa mengevaluasi punggung momies dan menentukan apakah momies memiliki jerawat atau kondisi kulit lainnya.

Dokter bisa meresepkan obat untuk membantu mengendalikan jerawat di punggung jika diperlukan. Treatment jerawat punggung yang diberikan termasuk krim resep, antibiotik, dan obat jerawat oral.

Dokter spesialis kulit pun bisa menyarankan terapi laser, pengelupasan kimia, dan suntikan steroid tergantung pada tingkat keparahan jerawat di punggung.

Tips Mencegah Jerawat Punggung  


Lantas, bagaimana tips agar terhindar dari jerawat punggung atau menguranginya? Mengutip dari Medical News Today, berikut beberapa tips mencegah dan mengurangi jerawat di punggung :

  •  Mencuci pakaian dengan teratur, khususnya pakaian ketat.
  •  Hindari menggunakan barang – barang yang bergesekan dengan punggung, misalnya tas ransel.
  •  Berolahraga dengan menggunakan pakaian longgar berbahan serat alami, misalnya katun.
  •  Mencuci segera pakaian dan peralatan olahraga setelah digunakan.
  •  Mencuci seprai, handuk, dan sarung bantal dengan teratur.
  •  Segera mandi dan ganti pakaian setelah selesai olahraga.

Salah melakukan treatment yang telah disebutkan diatas, masih ada langkah lain yang bisa dilakukan untuk mengobati jerawat di punggung, yakni dengan menggunakan Dermies Clear Me Pimple Body Mist. Selain diformulasikan khusus untuk merawat kulit berjerawat, produk ini pun mampu menyamarkan noda bekas jerawat serta menghaluskan pori – pori kulit di area punggung, dada, dan sekitarnya.

Dermies Clear Me Pimple Body Mist dilengkapi dengan kandungan Salicylic Acid sebagai anti-bakteri, serta dilengkapi juga dengan AHA dan Zinc Gluconate. Jika tertarik mencoba produk ini, Momies bisa membelinya dengan harga Rp. 95.200.


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment