Konten [Tampil]
Memiliki bisnis online memiliki tantangan tersendiri. Meski pemasaran bisa menjangkau lebih luas dibandingkan dengan bisnis offline, namun bisnis online membutuhkan biaya jasa pengiriman barang yang membuat pembeli berpikir dua kali.
Seperti halnya beberapa waktu lalu, saya memanfaatkan momen lebaran dengan menjual hampers dan kue kering. Siapa sangka, teman saya yang tinggal jauh di luar Jawa, tertarik membeli kue kering yang saya jual. Hal ini, membuat tantangan tersendiri untuk saya sebelum saya menerima pesanan teman saya tersebut. Terlebih lagi, ia memesan 10 hari sebelum lebaran.
Sebagai pedagang tentunya saya tidak ingin menolak pesanan tersebut. Tapi pertanyaannya, apakah kue kering ini akan sampai tepat waktu sebelum lebaran? Apakah pengirimannya aman dan tidak hancur saat sampai? Apakah sepadan dengan biaya kirimnya?
9 Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang yang Tepat!
Untuk menjawab hal di atas, saya memerlukan peran jasa pengiriman barang yang tepat. Memilih jasa pengiriman barang yang tepat sangat penting bagi pebisnis online, baik itu untuk reputasi pedagang, pelayanan untuk pembeli, dan berdampak pula pada biaya operasional.
Bagaimana cara memilih jasa ekspedisi yang tepat untuk meningkatkan penjualan? Berikut adalah tips memilih jasa pengiriman barang yang tepat
1. Ketepatan Waktu Pengiriman
Bagi pebisnis online ketepatan waktu pengiriman adalah hal utama untuk dapat memuaskan pelanggan. Oleh karena itu, carilah jasa pengiriman barang yang memiliki track record pengiriman tepat waktu. Terlebih lagi ketika adanya lonjakan pengiriman pada event-event tertentu, misalnya saat lebaran tadi.
Untuk mengetahui seberapa baik suatu ekspedisi mengirim barang tepat waktu, dapat dilihat dari ulasan-ulasannya, ataupu pengelaman teman bisnis lainnya yang pernah menggunakan ekspedisi tersebut.
2. Perbandingan Harga Jasa
Harga atau biaya jasa pengiriman juga patut dipertimbangkan. Biasanya pelanggan akan memilih biaya yang paling murah untuk biaya pengiriman. Artinya, biaya pengiriman memiliki peran penting pula dalam pengambilan keputusan pelanggan untuk membeli produk kita atau tidak.
Cek ongkir terlebih dahulu dan bandingkan harga jasa yang masih terjangkau.
3. Jangkauan Layanan yang Luas
Kelebihan dalam berbisnis online adalah memiliki jangkauan pemasaran yang luas. Hal ini tentunya harus diimbangi dengan jangkauan jasa pengiriman yang luas juga. Akan sia-sia jika pemasaran kita menjangkau wilayah lebih luas, namun terkendala pada jasa pengiriman.Oleh karena itu, pastikan jasa pengiriman memiliki jangkauan pengiriman yang lebih luas yang sesuai dengan kebutuhan pengiriman kita.
4. Keamanan dalam Mengirim Barang
Memastikan jasa pengiriman yang kita pilih dapat mengirim barang dengan aman adalah tips utama selanjutnya. Bagaimana jika barang yang kita kirim rusak, padahal kita sudah mengusahakan packing sedemikian rupa agar tetap aman? Tentunya hal ini akan mengurangi kepuasan pelanggan. Bagian terburuknya adalah pelanggan tidak mau menerima barang yang telah rusak dan meminta pengembalian.
Kerugian akan dirasakan oleh kita sendiri. Reputasi kita pun dinilai buruk. Oleh karena itu, pilihlah jasa pengiriman barang yang memiliki track record baik dalam keamanan pengiriman barang.
5. Memiliki Paket Layanan yang Lengkap
Biasanya produk yang kita kirimkan bervariasi, baik dari jenis ataupun ukuran dan beratnya. Oleh karena itu, dibutuhkan ekspedisi yang memiliki paket layanan yang lengkap. Misalnya, layanan reguler, layanan ekspress, layanan cargo, atau layanan melalui darat, udara, dan laut.
Banyaknya ragam pilihan layanan pengiriaman yang dapat kita pilih, akan memberikan kebebasan pelanggan dalam menyesuaikan pilihan sesuai dengan kebutuhan mereka, baik dari segi durasi ataupun budget.
6. Dapat Melakukan Pelacakan secara Real Time
Tak sedikit pelanggan yang selalu bertanya ataupun melacak keberadaan barang yang dipesan. Tak salah, karena mereka membelinya secara online. Memilih ekspedisi yang dapat melakukan pelacakan pengiriman barang secara real timen dapat membangun kepercayaan pelanggan.
Pelanggan pun dapat memperkirakan kapan barang yang mereka pesan tiba. Lebih bagus lagi, jika dalam pelacakan ada nama dan nomer yang bisa dihubungi oleh pelanggan.
7. Layanan Pelanggan yang Jelas
Ekspedisi yang menyediakan layanan pelanggan yang jelas, dan cepat menangani jika ada permasalahan patut dipertimbangkan. Saya sendiri pernah mendapatkan pengalaman kesulitan untuk menghubungi layanan pelanggan. Terutama layanan pelanggan daerah.
Biasanya, ekspedisi di setiap daerah tidak hanya satu. Memiliki layanan pelanggan yang tidak cepat tanggap akan membuat kita maupun pelanggan kesulitan jika adanya keterlambatan ataupun kerusakan barang.
8. Memiliki Pengalaman dan Reputasi yang Baik
Memilih jasa pengiriman yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang baik, dapat menunjang bisnis online yang kita jalani. Dengan ekspedisi yang dapat dipercaya, adanya risiko kerusakan barang atau kehilangan barangpun dapat diminimalisir.
Lihat track record dan ulasan pelanggan tentang jasa pengiriman tersebut. Apakah ada banyak permasalahan kerusakan barang, keterlambatan yang cukup lama, atau kehilangan pada ekspedisi tersebut? Jika ya, lebih baik tidak menggunakan jasa pengiriman tersebut.
9. Menyediakan Asuransi
Untuk melindungi barang dari kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman, pilihlah ekspedisi yang menyediakan asuransi.
Sentral Cargo : Jasa Pengiriman Terpercaya dan Tepat Waktu
Siapa sangka, kalau Sentral Cargo dapat mengirim barang dengan berat hanya 1 Kg alias pengiriman bukan cargo dengan minimal berat barang 5 Kg. Tak salah pilih, pengirmanpun cepat, Malang-Kalimantan hanya 3 hari. Padahal saya sudah sangat khawatir kalau paket akan mengalami keterlambatan karena mendekati libur lebaran. Nastar yang saya kirim juga aman dan tidak rusak.
Beberapa hal yang patut dipertimbangkan mengapa Sentral Cargo menjadi partner pebisnis online untuk mengirimkan barangnya adalah :
Mengapa Pilih Sentral Cargo?
Beberapa hal yang patut dipertimbangkan mengapa Sentral Cargo menjadi partner pebisnis online untuk mengirimkan barangnya adalah :
1. Cepat
Sentral Cargo memiliki jaringan yang luas di Indonesia dengan layanan pengiriman menggunakan armada darat, laut, dan udara. Sehingga pengiriman barang akan tiba dalam waktu yang singkat.2. Aman
Keamanan dan kecepatan adalah prioritas yang diutamakan oleh Sentral Cargo. Sentral Cargo memastikan bahwa pengiriman barang akan ditangani secara prioritas tinggi dan tiba di tujuan dengan selamat.3. Komputerisasi
Untuk dapat memaksimalkan dalam proses pengiriman barang, Sentral Cargo sudah menggunakan sistem teknologi. Mulai dari website, aplikasi perangkat Sentral Cargo, dan customer portal hotline, sehingga kita dapat memesan, melacak, dan mengelola pengiriman secara real time.Sentral Cargo pun sudah melayani pembayaran ongkos kirim atau COD dengan menggunakan QRIS.
4. Biaya Bersaing
Biaya pengiriman Sentral Cargo mampu bersaing dengan ekspedisi lain. Pengiriman cargo dengan biaya termurah baik melalui udara, darat, ataupun laut. Untuk biaya paket regulernya pun, menurut saya masih terbilang terjangkau dengan kecepatan pengiriman yang singkat.Kamu bisa membandingkan ongkirnya dengan cek ongkir Sentral Cargo melalui website resminya.
5. Jangkauan Nasional
Sentral Cargo memiliki jangkauan yang luas, dengan hadir di kota-kota seluruh Indonesia. Kamu bisa melakukan pengiriman di lokasi Sentral Cargo terdekat.Cek Lokasi ekspedisi terdekat di website resminya ya.
Penutup
Salah satu langkah penting dalam keberhasilan bisnis online adalah memilih jasa pengiriman barang yang tepat. Itulah tips yang dapat saya bagi untuk memilih jasa pengiriman barang yang tepat. Dengan melakukan riset yang menyeluruh dan mempertimbangkan indikator-indikatornya, kamu dapat memastikan proses pengiriman barang berjalan lancar dan efisien. Selain itu yang paling penting adalah dapat memberikan pengalaman yang tidak mengecewakan bagi pelanggan.
Post a Comment
Post a Comment