header mandadee

Resep Simple Tongkol Suwir Pedas Manis, Bikin Tambah Nasi!

4 comments
Konten [Tampil]

 


resep ikan tongkol suwir


Hi, Moms! Bagaimana puasanya? Tak terasa ya, sudah setengah perjalanan ibadah puasa kita. Masih semangat kan, ibadahnya? Sahurnya masih menu paket lengkap, atau sudah mulai pakai mie instan? Hihi.

Beberapa hari lalu, kakak ipar memberikan beberapa ekor ikan tongkol untuk kami. Hemmm… mendengar ikan tongkol langsung membuat saya ingin mengolahnya menjadi ikan suwir. Kebetulan saya kurang menyukai ikan tongkol yang hanya digoreng. Menurut saya rasanya kurang nikmat.

Enaknya lagi, ikan tongkol termasuk ikan yang bisa diolah menjadi bermacam-macam ide masakan, seperti dipindang, balado, digoreng, suwir sambal matah, dan lain sebagainya. Nah, kali ini saya ingin mnegolahnya menjadi ikan suwir pedas manis. Sebelumnya terpikirkan resep ikan tongkol suwir sambal matah sih, tapi kebetulan saya menemukan resep simple ikan suwir tongkol yang kelihatannya sudah enak disantap. Apalagi bulan puasa, inginnya masak yang simple-simple saja, hihi.

Resep Simple Tongkol Suwir Pedas Manis


Resep ikan tongkol suwir pedas manis yang akan saya sharing ini terbilang cukup simple. Mengapa saya bilang simple? Resep ini menggunakan bahan yang mudah ditemukan di rumah, tidak menggunakan banyak bahan, serta pengolahannya yang tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu, bisa dibilang resep sehat sih, karena tidak perlu digoreng. Langsung saja yuk, kita eksekusi!

ikan tongkol suwir


Bahan 

Sebelum eksekusi,tentunya yang perlu kita siapkan bahan-bahannya ya, moms! Ini dia bahan-bahan yang simple dalam membuat tongkol suwir pedas manis yang bisa momies temukan dirumah!

  • Siapkan 2 ekor ikan tongkor dengan ukuran sedang, atau setara 500 gram
  • 1 ruas jari lengkuas, lalu digeprek
  • 2 lembar daun jeruk (jangan sampai skip ya moms! Kalau tidak ada di rumah, cari sampai dapat! Hahaha karena daun jeruk ini menurut saya salah satu yang bikin rasanya bikin nagih!)
  • 1 lembar daun salam

Bumbu 

Pada dasarnya, bumbunya sama ya moms, seperti membuat sambal. Untuk bumbu yang kita siapkan, nanti bisa diulek atau dihaluskan dengan chopper ya, moms!

  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 buah cabai merah atau cabai keriting
  • 15 buah cabai rawit
  • Kecap manis, secukupnya
  • 1 sdm penyedap, saya pakai kaldu jamur ya, moms, karena lebih gurih hihi
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm gula merah yang sudah disisir halus, bisa menggunakan gula pasir kalau tidak ada
Bagaimana, bahan dan bumbunya sudah ada di dapur semua moms? Kalau dirasa semua bahan dan bumbu sudah lengkap, yuk langsung eksekusi!

Cara Membuat Tongkol Suwir Pedas Manis

1. Ikan tongkol direbus atau dikukus terlebih dahulu hingga matang. Bagaimana jika tongkolnya digoreng? Mungkin bagi sebagian orang lebih suka ikan tongkol yang digoreng terlebih dahulu dibanding dikukus atau direbus. Sebenarnya optional ya, moms. Sesuaikan selera. Tetapi saya lebih menyarankan dikukus atau direbus, selain lebih sehat karena tidak mengandung banyak minyak, bumbu juga lebih meresap pada ikan tongkol yang direbus atau dikukus terelebih dahulu.

Setelah matang, tiriskan tongkol dan tunggu hingga dingin agar mudah disuwir.

2. Sebelum dihaluskan, goreng terlebih dahulu bumbu yang sudah disapkan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai keritingnya. Oh iya, saat eksekusi saya menambahkan sedikit terasi, ya moms.

3. Setelah digoreng, bumbu dihaluskan bersama gula merah, garam, dan penyedap.

4. Jika tomgkol sudah dingin, suwir-suwir tongkol yang sudah dikukus atau rebus, lalu buang durinya.

5. Jika bumbu dan ikan tongkol sudah siap, panaskan sedikit minyak untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan bumbu cemplung, yaitu daun salam, daun jeruk dan lengkuas yang sudah digeprek. Aduk rata, cek rasa. Menurut saya, akan lebih mudah menambahkan perasa saat tongkol belum dimasukkan jika memang rasanya kurang pas.

6. Bisa tambahkan sedikit air ya moms

7. Setelah rasanya pas, masukan ikan tongkol ke dalam tumisan bumbu, kemudian aduk rata pelan-pelan.

8. Tambahkan kecap manis secukupnya kemudian masak dengan api kecil sampai bumbunya meresap dan matang.

9. Yey, suwir ikan tongkol pedas manis siap dihidangkan. Siap-siap bikin tambah nasi, ya moms!

Simple kan moms resepnya? 

Penutup


Setelah berhasil recook resep ikan tongkol suwir peedas manis, bagaimana rasanya moms? Dari resep di atas yang berhasil saya reccok, rasa pedas manisnya memang bikin nagih sih moms. Apalagi daun jeruk yang ditambahkan membuat rasa tongkol suwir memiliki rasa asam yang nyegerin banget. Dengan tongkol yang dikukus, bumbunya meresap sempurna. Hemmm saya pun menulisnya sambil menahan air liur membayangkan kembali rasanya hihi. Oke moms, selamat mencoba dan menikmati, ya!
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time
Newest Older

Related Posts

4 comments

  1. Ini menu masakan rumah kesukaan ku juga mbaaaaa. Tapi krn aku pernah keracunan tongkol, agak trauma ama ikan itu. Jadi selalu diganti pake tuna . Enak juga, toh mereka msh sodaraan 😄.

    Paling suka kalo dibuat pedeees. mantep deh itu. Jadi pengen bikin lagi 🤭👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh keracunan kenapa mba?
      aku pernah keracunan mujaer sih, beli di warung kayanya ikan goreng ulang wkwkw

      iyaaaa malah ikan tuna lebih enak ga ada bagian pahitnyaa

      Delete
  2. tongkol termasuk menu yang cukup sering dibuat dirumah
    kadang dibumbu santan plus pakis, kadang digoreng biasa plus sambel
    dan juga kadang di suwir, sepertinya tergantung mood yang masak mau dibikin ala sperti apa
    tapi memang nikmat ya mbak, kalau dimasak pedas manis kayak gini, jadi pengen

    ReplyDelete
    Replies
    1. tongkol tu bisa diapain aja yaa mba, mba orang jatim kah? biasanya orang jatim dibumbu santan gitu hehe

      Delete

Post a Comment