header mandadee

PMS itu Apa, sih? Jangan Keliru, ini 5 Perbedaan Tanda PMS dan Hamil!

Post a Comment
Konten [Tampil]
pms itu apa

Hai, moms! Pernah mengalami kebingungan, dengan perbedaan tanda PMS dan kehamilan? Memang PMS itu apa sih, kok tandanya mirip tanda kehamilan? Jangan salah moms, ternyata tidak sedikit momies yang masih keliru dan bingung tanda-tanda PMS dengan tanda kehamilan.

Saya adalah salah satunya yang mengalami keraguan dengan gejala-gejala PMS dengan gejala hamil. Saat mengandung anak pertama, saya kira yang saya rasakan adalah gejala PMS. Namun, setelah berminggu-minggu merasakan gejala yang saya pikir adalah gelaja PMS, gejala tersebut tak kunjung reda. Haid pun, tak kunjung datang. Eh, ternyata saya sedang hamil dan baru tahu setelah umur kandungan 4 bulan.

Oleh karena itu, penting sekali moms, untuk mengetahui perbedaan antara tanda PMS dan hamil, agar kita cepat mengetahui cara mengatasinya. Nah, dalam artikel kali ini, akan dibahas apa itu PMS dan cara mengenali tanda PMS dan hamil. Simak sampai akhir ya, moms!

PMS itu Apa

Sebelum mengetahui perbedaan tanda PMS dan hamil, ketahui dulu yuk, PMS itu apa. PMS atau premenstrual syndrome gelaja-gejala yang biasanya dialami banyak wanita sebelum memasuki masa menstruasi. Menurut US Department Of Health And Human Services , Amerika Serikat, lebih dari 90% wanita mengalami premenstrual syndrom (PMS) saat menjelang haid.

PMS sendiri muncul setelah masa ovulasi atau terlepasnya sel telur dari indung telur, sampai sebelum haid. Nah, sel telur yang tidak dibuah alias tidak hamil, akan mengalami perubahan hormon progesteron dan estrogen. Biasanya PMS terjadi 1 sampai 2 minggu sebelum menstruasi.

Gejala-gejala PMS yang dialami setiap wanita berbeda, dari gejala-gejala yang ringan sampai dengan berat. Bahkan wanita yang mengalami gejala premenstrual syndrome berat membuat mereka tidak dapat beraktivitas seperti biasa. Umumnya, gejala PMS memburuk seiring dengan bertambahnya usia, yaitu wanita berusia akhir 30an dan 40an, atau yang mendekati masa menopause.

Tanda-tanda PMS tersebut bisa berupa perubahan fisik, perilaku, dan emosional.

Jangan keliru, Kenali 5 Perbedaan Tanda PMS dan Hamil!

tanda PMS dan hamil

Setelah mengetahui PMS itu apa, selanjutnya kita mengenal lebih jauh perbedaan tanda PMS dan hamil. Seperti halnya PMS, tanda hamil pada setiap wanita pun berbeda-beda. Namun, beberapa gejalanya ada yang serupa. Sehingga, tanda pada PMS sering disalah-artikan dengan tanda kehamilan.

Eits, tenang, masih bisa dibedakan kok, moms! Ini dia perbedaan tanda PMS dan hamil yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bercak Darah atau Flek

Pada PMS ataupun kehamilan, dapat ditandai dengan munculnya flek atau bercak darah. Namun, moms bisa membedakan bercak darah pada tanda PMS dan tanda kehamilan berikut:

PMS : ketika wanita akan mengalami menstruasi, biasanya ditandai dengan munculnya bercak darah atau flek kecokelatan. Namun, biasanya bercak darah keluar sangat sedikit dan terjadi satu atau dua hari sebelum menstruasi. Kemudian, wanita akan mulai mengalami pendarahan menstruasi selama kurang lebih satu minggu.

Kehamilan : sedangkan pada wanita hamil, bercak darah berwarna merah muda atau cokelat tua juga bisa menjadi tanda kehamilan. Pendarahan pada kehamilan dinamakan pendarahan implantasi. Hal ini terjadi karena sel telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim dan terjadi pada usia 10-14 hari usia kehamilan. Namun, bercak pada wanita hamil hanya sedikit dan terjadi hanya beberapa hari saja.

2. Kram Perut

Hal yang biasa terjadi pada wanita PMS adalah kram perut atau dikenal juga sebagai gejala dysmenorrhea. Gejala yang sama juga dapat terjadi pada wanita hamil.

PMS : Gejala kram perut pada wanita PMS biasanya terjadi beberapa hari sebelum menstruasi. Gejala ini diakibatkan adanya perubahan hormonal pada tubuh. Gejala ini ditandai dengan sensasi sakit yang menjalar dari perut bawah hingga punggung yang kemudian akan berkurang pada saat menstruasi.

Kehamilan : Meskipun kram perut saat hamil hampir sama dengan kram yang dialami wanita PMS, namun kram perut saat hamil terasa seperti tarikan ringan di area rahim. Hal ini disebabkan adanya pertumbuhan rahim dan penyesuaian tubuh terhadap kehadiran janin. Biasanya kram perut pada wanita hamil akan berlangsung lebih lama, bisa berminggu-minggu sampai berbulan-bulan.

3. Nyeri Payudara

Tanda PMS dan hamil selanjutnya adalah nyeri payudara. Nyeri payudara yang paling terasa memang pada wanita hamil, tetapi pada wanita PMS pun, dapat merasakan nyeri payudara.

PMS : Tidak sedikit wanita PMS yang merasakan nyeri pada payudara disertai dengan pembengkakan. Rasa nyeri yang muncul saat PMS, berbeda-beda setiap wanita, dari nyeri ringan sampai dengan nyeri yang terasa sangat menyakitkan. Terutama sesaat sebelum haid, dan akan berkurang ketika haid sudah dimulai.

Kehamilan : Berbeda rasa nyeri payudara pada wanita PMS, pada wanita hamil rasa nyeri pada payudara terasa lebih intens. Disusul dengan tanda-tanda lainnya seperti, payudara semakin berisi, serta warna pada area puting menjadi lebih gelap. Biasanya gejala ini muncul ketika usia kehamilan berada di usia dua minggu, dan berlangsung cukup lama.

4. Meningkatnya Nafsu Makan

Nafsu makan yang meningkat juga menjadi tanda PMS dan hamil loh moms, karena adanya perubahan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh.

PMS : Saat menjelang menstruasi biasanya sebagian besar wanita mengalami peningkatan nafsu makan dikarenakan adanya penurunan hormon esterogen. Hal ini memicu adanya keinginan berlebihan untuk mengonsumsi makanan yang asam, pedas, atau manis.

Kehamilan : Siapa nih, moms yang suka ngidam saat hamil? Nah, seperti halnya PMS, kebanyakan wanita hamil juga mengalami nafsu makan yang meningkat. Hal ini disebabkan adanya peningkatan hormon progesteron pada wanita hamil. Umumnya, wanita hamil ingin mengonsumsi jenis makanan tertentu. Pada wanita hamil biasanya disebut ngidam. Namun, saat mengonsumsi makanan tertentu, wanita hamil juga bisa merasakan mual atau muntah dikarena indra penciuman dan perasa menjadi lebih sensitif.

5. Merasa Mual

Eits ternyata mual tidak hanya dialami wanita hamil saja, wanita PMS pun seringnya merasa mual loh, moms!

PMS : Wanita yang sedang PMS sering kali merasakan perut kembung hingga terasa mual. Hal ini diakibatkan adanya ketidaknyamanan pada pencernaan.

Kehamilan : Sudah tidak asing jika wanita hamil mengalami mual. Mual pada wanita hamil dikenal dengan istilah morning sickness. Meskipun tidak semua wanita mengalami morning sickness, namun gejala berupa mual hingga mengakibatkan muntah ini sering dirasakan banyak ibu hamil pada trimester awal.

Penutup

Setelah mengetahui PMS itu apa beserta tanda-tandanya, ternyata tanda PMS dan hamil bisa dibedakan ya moms. Meskipun PMS dan kehamilan memiliki gejala yang mirip. Mengetahui perbedaan tanda PMS dan hamil sangat penting agar bisa dilakukan penanganan yang tepat dan cepat. Jika momies belum yakin, momies bisa konsultasikan ke dokter ya, moms!


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment