header mandadee

Tips Optimalkan Kinerja Pabrik dengan Kecerdasan Buatan

Konten [Tampil]
business tools

Pabrik merupakan momok utama dari perusahaan manufaktur. Di mana pabrik sebagai tempat memproduksi bahan baku menjadi barang yang siap jual. Oleh karena itu, efisiensi dan produktivitas pabrik sangatlah penting bagi perusahaan.

Perusahaan yang memiliki tingkat produksi yang rendah dan tidak efisien akan menghambat tercapainya target perusahaan, bahkan meningkatkan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas kerja pabriknya.

Bagaimana cara mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas pabrik? Sebenarnya ada banyak cara untuk mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas pabrik, salah satunya adalah dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

Apakah bisa kecerdasan buatan meningkatkan produktivitas pabrik? Akankah lebih efisien? Bagaimana cara kerja kecerdasan buatan mengoptimalkan kinerja pabrik?

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tips mengoptimalkan kinerja pabrik dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

Pabrik Cerdas dengan Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) sebenarnya sudah dikenalkan oleh Ilmuwan Komputer yaitu Professor John McCarthy, sejak tahun 1956. Apa itu Artificial Intelligence (AI)? Kecerdasan buatan atau artificial intelligence sendiri secara umum diartikan sebagai sistem komputer atau perangkat mesin yang dirancang untuk meniru kemampuan berpikir atau kecerdasan manusia, sehingga sistem tersebut dapat berperilaku dan berpikir seperti manusia.

Teknologi yang semakin berkembang membuat AI banyak digunakan sebagai bussiness tools yang dinilai dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan. Tak terkecuali untuk pekerjaan industri. Selain meningkatkan efisiensi tenaga kerja dan produktivitas kerja, pemanfaatan software teknologi berbasis AI juga dapat mengurangi risiko bisnis dan operasional.

Dalam hal ini, sistem manajemen produksi berperan penting untuk memastikan pabrik bekerja secara optimal. Oleh karenanya, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi Kecerdasan Buatan dalam sistem manajemen produksinya. Tentu, ini juga menjawab tantangan dan menjaga daya saing perusahaan dalam membentuk pabrik cerdas.

Peran dan Manfaat AI dalam Industri Manufaktur

business tools

Berikut ini adalah peran dan manfaat AI dalam Industri Manufaktur yang saya rangkum dari berbagai sumber :

1. Mengurangi Risiko dan Mencegah Masalah di Masa Mendatang

Dengan Artificial Intelligence (AI), dapat membantu manufaktur dalam memprediksi kapan equipment yang sedang berfungsi akan rusak. Sehingga dapat dilakukan pemeliharaan dan perbaikan lebih dini dan terencana sebelum adanya kegagalan yang berimbas pada produktivitas dan lainnya.

2. Aspek Analisis

AI memberikan analisis aspek di mana kumpulan data dari sensor mesin dapat memberikan pengetahuan yang cepat dan terdesentralisasi.

3. Meningkatkan Proses Produksi

Manajemen produksi yang mengoptimalkan proses penggunaan business tools berupa software teknologi yang didukung AI dapat mencapai tingkat produksi yang berkelanjutan.

4. Memudahkan dalam Quality Control

Perlu adanya jaminan kualitas suatu produk dengan menjaga dan memelihara tingkat kualitas yang diinginkan dalam menghasilkan suatu produk. Dengan memanfaatkan teknologi mesin, sistem AI dapat menemukan penyimpangan atau bisa dikatakan sistem AI dengan mudah melihat sebagian besar kesalahan.

5. Robotika

Kecerdasan Buatan juga berperan sebagai robot manufaktur, di mana dapat mengurangi human error secara drastis, mengotomatiskan pengoperasian yang monoton, sehingga perusahaan dapat memfokuskan kembali pekerja manusia pada tugas-tugas yang lebih penting.

6. Menghasilkan Kreativitas Lebih Cepat

Algoritma machine learning dalam desain generatis, berguna untuk meniru proses desain yang digunakan oleh engineers. Teknik ini memungkinkan perusahaan manufaktur, menghasilkan ratusan pilihan desain yang dapat digunakan untuk satu produk dengan lebih cepat.

7. Memperkirakan Harga Bahan Baku

Software teknologi AI juga dapat mengantisipasi harga bahan baku yang juga meningkat seiring waktu.

8. Meningkatkan Kinerja Shop-Floor

Sebagai digital twin, AI dapat digunakan untuk melacak dan memeriksa siklus produksi guna menemukan potensi masalah kualitas suatu produk atau area di mana kinerja produk jauh dari harapan.


Tips Optimalkan Kinerja Pabrik dengan Kecerdasan Buatan

software teknologi

Setelah memahami bagaimana peran AI dalam industri manufaktur, berikut adalah tips untuk mengoptimalkan kinerja pabrik dengan Kecerdasan Buatan :

1. Pengoptimalan Produktivitas

Perusahaan bisa memanfaatkan AI untuk mengoptimalkan jadwal produksi sesuai dengan ketersediaan bahan baku, kapasitas pabrik, dan permintaan pelanggan. Berdasarkan data tersebut, AI dapat memberikan rekomendasi kapan waktu yang tepat untuk memulai produksi atau menghentikannya guna memaksimalkan efisiensi.

2. Memprediksi Perawatan Mesin

Untuk menghindari kerusakan mesin yang tidak terduga atau terjadi secara mendadak serta mengurangi downtime produksi, gunakan sistem AI untuk menganalisis data sensor mesin dan peralatan pabrik yang berfungsi agar dapat terprediksi kapan perlu dilakukan perawatan dan pemeliharaan peralatan.

3. Pengoptimalan Efisiensi Energi Pabrik

Perusahaan dapat menggunakan sistem AI untuk otomatisasi sistem penerangan dan pendinginan, serta area-area yang teridentifikasi membuang energi. Hal ini akan meningkatkan efisiensi penggunaan energi dalam pabrik agar tidak terbuang sia-sia.

4. Kontrol Kualitas Pabrik

Teknologi AI memudahkan dalam memonitoring kualitas produk. Implementasikan teknologi AI untuk melakukan monitor otomatis produk yang sedang diproduksi. Dengan begitu produk-produk cacat akan teridentifikasi dengan cepat, sehingga jumlah produk yang tidak layak akan berkurang.

5. Mengoptimalkan Rantai Pasokan

Sebagaimana perannya, AI dapat digunakan untuk menganalisis data dan mengidentifikasi risiko dalam rantai pasokan. Selain itu juga, dapat memprediksi permintaan dan kelola persediaan. Dengan perannya ini, rantai pasokan bahan baku dapat teroptimalkan, biaya dan waktu pengiriman pun efisiensi.

6. Analisis Data Besar

Teknologi AI memiliki kemampuan dalam menganalisis data besar dengan cepat. Perusahaan dapat menggunakan AI menganalisis data besar seperti, data sensor, sistem produksi, dan sistem manajemen pabrik guna meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dan meningkatkan kinerja pabrik.

7. Peningkatan Keselamatan Kerja

Bagi perusahaan manufaktur, keselamatan kerja adalah yang utama. Dengan memanfaatkan AI, perusahaan dapat meningkatkan keselamatan kerja di pabrik. Di mana AI nantinya akan menganalisis data sensor keselamatan dan CCTV guna mendeteksi hal-hal yang berisiko, serta memberikan peringatan dini adanya potensi bahaya.

Uptime AI : Software Astakona Optimalkan Kinerja Pabrik

software astakona

Memilih teknologi AI yang tepat merupakan hal yang paling penting jika perusahaan ingin mengimplementasikan software teknologi berbasis AI untuk menciptakan pabrik cerdas.

PT Gemilang Astakona Sejahtera (ASTAKONA) adalah salah satu penyedia produk berkualitas yang mendorong bisnis mencapai kesuksesan dan produktivitas yang lebih tinggi dengan memanfaatkan teknologi. Berbagai business tools yang ditawarkan ASTAKONA, bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan yang ingin mengembangkan dan mengoptimalkan kinerja dalam perusahaan.

Salah satu produk ASTAKONA yang dapat dimanfaatkan adalah Uptime AI. Uptime AI merupakan software ASTAKONA berbasis AI, yang mampu membantu perusahaan tetap unggul dari ketidaksempurnaan proses dan kegagalan equipment di seluruh pabrik.

Berikut ini adalah fitur Uptime AI, software ASTAKONA berbasis AI yang patut Anda pertimbangkan untuk mengoptimalkan kinerja pabrik:

1. Expert System Based Predictive Maintenance

uptime ai

Uptime AI akan melakukan deep learning berbasis Kecerdasan Buatan untuk menganalisis data system, peralatan, dan signal sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja tim dan berbagi wawasan dengan kecerdasan buatan (AI) yang mudah dipahami dan diperlajari.

2. Accurate Alert

produk astakona

Produk ASTAKONA satu ini, dapat menganalisis jalannya peralatan-peralatan yang digunakan pabrik sehingga dapat memprediksi risiko operasional dan memberikan peringatan dini yang akurat. Sehingga, memungkinkan engineer untuk fokus pada hal-hal yang lebih penting, seperti memahami penyebab gejala dan membuat keputusan operasional.

3. Modern Equipment Operator

software teknologi

Uptime AI menyediakan modern equipment operator untuk meningkatkan hasil proses industri dengan kekuatan AI yang tak tertandingi.

4. Automated Failure Modes

aplikasi proyek

Mesin inferensi pada Uptime AI memiliki database bawaan lebih dari 120 jenis peralatan dengan lebih dari 500 mode kegagalan atau Failure Modes & Effect Analiys (FMEA). Sehingga Uptime AI tidak berfokus mencari akar masalah akan tetapi memperbaiki masalah. Dengan database FMEA yang tersedia, Uptime AI mampu memberikan jawaban yang tepat dari masalah tersebut.

5. Continuous Learning

manajemen produksi

Uptime Ai memiliki mesin AI otonom di mana software teknologi ini tidak memiliki aturan manual, tetapi terus mempelajari data sensor baru dan aktivitas penggunanya untuk secara otomatis menyesuaikan model dan mempelajari praktik terbaik dengan izin penggunanya.

Penutup

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan Uptime AI, cukup untuk menjadi pertimbangan untuk mengembangkan Industri Manufaktur. Sebagai business tools yang modern, produk ASTAKONA tersebut mampu mengoptimalkan kinerja pabrik sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi kinerja pabrik.

Terlebih lagi AI digadang-gadang menjadi jantung industri manufaktur yang akan terus berkembang. Oleh karena itu, untuk mengubah pabrik menjadi pabrik cerdas dengan penggunaan AI, perlu dilakukan sesegera mungkin agar manfaat penggunaan AI untuk manufaktur dapat dirasakan.

Ingin mengoptimalkan kinerja industri manufaktur dan meningkatkan produktivitas? Kunjungi https://astakona.id/id  sekarang untuk informasi lebih lanjut!
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time
Newest Older

Related Posts

Post a Comment