header mandadee

Kampung Main Ibu Profesional 2022 : Kopi Gayo

Post a Comment
Konten [Tampil]





Hello momies! Kali ini saya ingin berbagi insight yang saya dapat dari Kampung Main Ibu Profesional 2022. Acara senin malam 24 Oktober 2022 lalu bernama Kopi Gayo alias Komunitas Punya Info, Gabung Yok! Materi ini menghadirkan manager dapur Kampung Komunitas Ibu Profesional dan Ketua KLIP. Hemm… kira-kira apa saja ya, materi yang saya dapat?

Manager Dapur Kampung Komunitas Ibu Profesional

Tak kenal maka tak sayang! Nah, sebelum masuk ke Kampung Komunitas Ibu Profesional, tentunya kita harus mengenal terlebih dahulu, siapa saja sih yang ada dalam Kampung Komunitas? Di acara Kopi Gayo ini, para gasfren (sebutan untuk peserta kampung main), akan diajak untuk mengenal lebih dekat dengan Manager Operasional, Keuangan, Humas, dan Medkom Kampung Komunitas Ibu Profesional.

Berikut adalah peran manager dapur Kampung Komunitas Ibu Profesional

A. Manager operasional

1. Memberikan support dalam penyediaan data warga dan data regional
2. Merapikan surat masuk dan surat keluar (korespondensi
3. Berbagi rasa dan perhatian di momen khusus pengurus/ regional
4. Mengelola periziznan dan SOP sesuai CoC
5. Sambut semnagat calon warga baru di bale pandang

B. Manager Keuangan


1. Memberikan dukungan pengelolaan dana kegiatan
2. Melaksanakan SOP keuangan
3. Mendistribusikan dana yang sudah cair sesuai RAB
4. Membuat laporan sesuai standard akuntansi

C. Manajer Humas

1. Membuka peluang relasi dengan pihak eksternal
2. Memberitakan kabar baik dari Kampung Komunitas
3. Menjadi penghubung peluang-peluang baik komunitas
4. Berkolaborasi untuk meluaskan dampak


D. Manager Medkom


1. Mengelola medsos Kampung Komunitas
2. Mempublikasikan aktiviras regional dan pusat
3. Menjadi penghubung informasi antar komponen pusat
4. Menyuguhkan konten yang mendukung kebahagiaan warga

Program Kampung Komunitas Ibu Profesional


Lalu, apa saja ya, program yang ada di Kampung Komunitas Ibu Profesional? Pada Kopi Gayo, manager program Kampung Komunitas Ibu Profesional mengenalkan peran manager program regional.

1. Membersamai keberlangsungan program 3R (Rumbel, Rumin, dan Rumba)

Program 3R merupakan kegiatan khas kampung regional. Gasfren akan menemukan 3R ketika sudah lulus kampung main dan sudah begabung ke regional masing-masing sesuai domisili terdekat. Apa itu Rumbel, Rumba, dan Rumin?

Rumbel atau rumah belajar yaitu tempat bagi para warga untuk mengasah keterampilan atau meningkatkan kapasitas diri dalam satu bidang tertentu. Misal rumbel literasi untuk kemampuan baca tulis dan rumbel public speaking untuk kemampuan berkomunikasi.

Rumin atau rumah bermain yaitu tempat untuk warga bermain, berkumpul, dan beraktifitas bersama untuk meningkatkan bonding dengan bidang tertentu. Misalnya, saya suka literasi tapi saya masih bingung apakah bidang literasi adalah passion yang harus saya dalami? Nah, dalam rumin ini, warga bisa lebih dahulu meningkatkan bonding sebelum masuk ke rumah belajar.

Rumba atau rumah berbagi yaitu tempat bagi warga untuk membagikan manfaat untuk orang lain.

Dalam tiap regional bisa jadi bidang dalam rumbel, rumin, ataupun rumbanya berbeda-beda. Bagaimana jika passion kita tidak ada dalam rumbel di regional? Warga bisa loh, mengajukan untuk membentuk bidang rumah belajar yang baru sesuai passion. Asalkan, rumah belajar yang kita buat aktif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Berapa banyak bidang kegiatan yang bisa warga ikuti?

Pada dasarnya, dalam kampung komunitas saat ini tidak membatasi berapa kegiatan yang bisa diikuti warga kampung komunitas. Hanya saja, pengurus kampung komunitas tidak hanya ingin warga berkembang, akan tetapi juga mementingkan etika dalam berkomunitas atau adab sebelum ilmu.

Jadi, ketika warga sudah memilih bidang apa yang akan ditekuni, warga harus bertanggung jawab dengan pilihannya bisa aktif dan bahagia di bidang yang dipilih. Disarankan, warga memilih dua bidang terlebih dahulu sambil dirasakan kenyamanannya, kedepannya mau ditambah boleh mau dikurangi juga boleh.

2. Membersamai event atau kolaborasi bersama kepala kampung komunitas dengan manager lainnya

Beberapa event yang diadakan, yaitu :

SUPERKAMP

Kampung pertama yang dihadirkan pada level pusat, yaitu SUPERKAMP akronim dari suka berpergian bersama kampung komunitas, di sini peserta akan diperkenalkan dengan ragam peran yang bisa diambil di komunitas dan diajak mengunjungi regional-regional pilihan agar sepulang dari SUPERKAMP semakin terpupuk rasa cintanya pada regional masing- masing dan semakin siap mengambil kegiatan.

Kampung Bakat

Dengan gamifikasi pelayaran di lautan bakat, kampung ini lahir untuk kebahagiaan dalam mengasah passion passion. Peserta kampung bagkat diutamakan untuk warga yang belum menjumpai wadah pendalaman passsion pilihannya di regional. Harapannya setelah melakukan pelayaran, bahagianya bisa ditularkan pada warga-warga yang lain sehingga nantinya terbentuk rumah belajar yang diinginkan.

Kampung Main

Kampung yang hadir untuk calon warga yang siap bertumbuh bersama komuniitas. Di sini para calon warga akan mendapatkan pembekalan agar siap terjun berkomunitas dan bahagia. Dengan semangat berbagi dan melayani.

Kampung Ananda

Menariknya, di kampung komunitas tidak hanya ibunya bisa beraktifitas bersama, putra putri dari warga kampung komunitas juga bisa belajar dan bermain bersama. Tak hanya materi pembelajaran, ada juga nilai-nilai moral di setiap kelasnya.

Nah itulah, penjelasan tentang peran-peran manager dapur dan program-program yang ada di Kampung Komunitas Ibu Profesional.

Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP)

Selain dalam program Kampung Komunitas, Ibu Profesional juga memiliki kelas literasi tersendiri, yaitu Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP). Kelas Literasi Ibu Profesional merupakan wadah bagi para perempuan yang ingin belajar dan berlatih konsisten menulis. Klip memberi ruang untuk para perempuan yang ingin menemukan passionnya dalam dunia literasi. Tidak sekadar membaca dan menulis, KLIPer (sebutan peserta KLIP) juga bisa berbagi dan merdeka belajar.

Berbeda dengan program kampung komunitas, di mana pesertanya hanya untuk warga kampung komunitas, sedangkan member klip terbuka untuk semua perempuan Indonesia di mana saja baik yang telah bergabung di Komunitas Ibu Profesional maupun yang belum, baik penulis pemula maupun penulis profesional.

KLIP memiliki 3 tahap kelas yaitu kelas persiapan, kelas karya, dan kelas bahagia.

Program-Program Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP):

1. Program utama KLIP.

Program utama KLIP adalah setoran tulisan rutin melalui website KLIP. Peserta KLIP diharapkan konsisten menulis setiap hari, namun jika tidak memungkinkan, setoran tulisan minimal 10 hari atau 10 tulisan. Satu hari hanya dihitung satu tulisan. Jika, tidak memenuhi hari minimal, yaitu 10 hari, maka peserta akan gugur.

2. Program harian KLIP

KLIP setiap hari selalu berkegiatan baik melalui telegram group, website, facebook group, maupun youtube dengan program setoran rutin.
  • Senin ada tema tantangan, kita diberi challenge menulis sesuai tema yang diberikan.
  • Selasa ada parade skripsi tahun sebelumnya dan value
  • Rabu ada diskusi buku
  • Kamis ada pengumuman pemenang tema tantangan
  • Jumat ada kenal lebih dekat
  • Sabtu ada bahasa

3. Program rutin bulanan KLIP

KLIP memiliki program rutin bulanan yang dilakukan secara live yaitu ruang berbagi dengan berbagai nara sumber yang kompeten juga ulasan buku yang akan tayang di podcast KLIP.

4. Program akhir KLIP

KLIP memiliki program akhir sebagai syarat kelulusan, yaitu adanya program skripsi sebagai tanda kelulusan KLIP. Skripsi merupakan kumpulan tulisan terbaik selama satu tahun konsisten menulis. Dengan skripsi member KLIP tertantang untuk membuat kumpulan tulisan terbaiknya selama setahun yang satu tema. Skripsi ini bisa juga menjadi ebook yang keren atau bisa juga dikirim ke penerbit untuk diterbitkan.

Di akhir program KLIP setelah dinyatakan lulus akan diadakan selebrasi kelulusan sebagai reward bagi member KLIP yang telah lulus, berkomitmen dan konsisten menulis selama satu tahun dengan menyetor skripsinya.

Inilah cara klip membersamai perempuan menemukan bahagianya. Menulis menjadi cara teman-teman KLIP berdaya dan berkarya.

Cara Bergabung di KLIP

Bagaimana cara bergabung di KLIP? Biasanya KLIP akan membuka pendaftaram di awal tahun, karena kegiatan KLIP ini akan dilakukan full selama satu tahun dan peserta wajib mengumpulkan 9 badges yang di dapat setiap bulannya.

Baik member Komunitas Ibu Profesional ataupun bukan, bisa bergabung di KLIP. Akan tetapi jangan lupa setiap awal tahun harus mendaftar ya, teman-teman agar nama kita ada di daftar nama setoran yang ada di website KLIP.

Penutup

Nah, itulah isi materi Kopi Gayo di Kampung Main Ibu Profesional 2022. Jadi tidak sabar nih, moms, bergabung di Kampung Komunitas Ibu Profesional. 
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment