header mandadee

Mencari Cuan di Era Digital dengan IDN App

Konten [Tampil]
profesi di era digital


Mencari cauan di era digital nampaknya susah-susah gampang. Namun, jika kita mau belajar dan mengikuti perkembangan zaman banyak peluang yang memudahkan kita mencari uang di era digital. Bahkan untuk ibu rumah tangga seperti saya.

Impian saya untuk tetap berdaya dan berkarya meski hanya di rumah sembari mengurus urusan rumah tangga, satu per satu tercapai berkat kemudahan di era digital. Misalnya saja kini impian saya menjadi seorang penulis tersalurkan dengan menjadi seorang bloger. Tidak hanya menyalurkan hobi menulis, tetapi juga sedikit demi sedikit saya bisa mendapatkan penghasilan dari nge-blog.

Ditambah lagi semakin banyak media menulis yang bisa menghasilkan uang. Contohnya, baru-baru ini saya mengenal IDN App, yang ternyata di dalam satu aplikasi ini para content creator bisa menghasilkan cuan. Ada yang sudah tahu aplikasi IDN App? Kalau belum, yuk kenalan dulu!

Apa itu IDN App?


idn app


IDN App adalah platform untuk para milenial dan Gen Z yang menyediakan berita ter-update (IDN Times), fashion and lifestyle (Popbela), parenting (Popmama), sampai info games dan anime (Duniaku). Lewat IDN App, kita bisa membaca berita dengan berbagai topik yang lengkap dan ter-update. Selain itu, kita juga bisa menikmati live streaming sambil bagi-bagi hadiah menarik dan bisa nonton film series gratis juga, loh!

Hebatnya lagi, IDN App ini bisa menjadi wadah untuk menghasilkan uang bagi para content creator terutama untuk yang suka menulis dan live streaming. Caranya bagaimana? Simak yuk!

Hasilkan Uang dengan Menulis Artikel di IDN App


idn app

Suka nulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari hasil tulisan? IDN App memiliki fitur "Tulis Artikel" pada menu creator untuk momies yang mau berpenghasilan lewat tulisan yang kita buat. Menurut IDN App fact, sampai dengan saat ini terdapat 54.4% artikel dikirimkan ke redaksi melalui IDN App. Makin penasaran kan, bagaimana caranya? Caranya gampang kok.

Step pertama, kita hanya perlu bergabung dengan membuat akun di IDN App untuk bisa memanfaatkan semua fiturnya. Momies bisa mendaftar lewat email atau connect dengan akun Facebook atau GMail. 
Untuk memudahkan dan lebih simple, saya membuat akun dengan connect ke akun Facebook. Caranya seperti gambar di bawah, ya!

membuat akun idn app



Step kedua, setelah berhasil membuat akun, kita masuk ke menu profile, klik menu creator, lalu tekan tanda plus, pilih berita untuk menulis artikel.

menulis artikel


Di dalam menu creator ini, terdapat menu draft, dimoderasi, revisi, terbit, atau ditolak. Jadi, kita bisa memantau artikel yang kita submit ke redaksi pada menu creator. Sebelum menulis artikel dan submit artikel ke redaksi, alangkah lebih baik jika kita membaca terlebih dahulu panduan menulis artikel. 

Panduan menulis bisa kita temui juga pada menu creator. Panduan menulis dikemas dalam bentuk berita, video, dan podcast. Kita hanya perlu memilih kemasan mana yang memudahkan kita untuk memahami panduan.

Kenapa sih, membaca panduan itu penting? Fungsinya agar tulisan yang kita buat bisa di approve dan diterbitkan oleh redaksi. Sebab, untuk memiliki penghasilan dari tulisan yang kita buat tentu artikel harus di terbitkan terlebih dahulu. Jika tulisan kita terpilih dan terbit, kita akan mendapatkan pembayaran berupa Community Point.

Step ketiga, kita bisa mengikuti event dan promo menulis. Pada bagian explore, kita bisa menemukan menu event dan promo. Di mana pada menu ini, terdapat beberapa challenge menulis dengan kategori tertentu. Challenge tersebut memiliki syarat dan ketentuan. Jika kita memenuhi syarat dan ketentuannya, bonus poin akan diberikan sesuai dengan jumlah bonus poin yang tertera pada challenge. Seperti ini contohnya :

menulis artikel idn app


Step 4, setelah artikel terbit dan mendapatkan poin, kita bisa redeem poin dengan rupiah. Pasti bagian ini biikin happy banget,hihi. Caranya, masuk menu profile, klik IDN Points, pilih redeem. Pada menu IDN Points, kita juga bisa cek riwayat poin yang kita kumpulkan.

redeem poin

Untuk redeem poin, kita juga perlu mendaftarkan bank terlebih dahulu. Caranya, pada menu redeem, klik daftakan buku tabungan, lalu isi kolom yang diperlukan, klik save. Setelah berhasil, poin baru bisa diproses untuk redeem.

tambah buku tanungan


Menjadi Live Streamer Melalui Fitur IDN Live di IDN App


idn live


Selain menulis artikel, momies juga bisa menghasilkan uang dengan menjadi live stremer di IDN Live. IDN Live merupakan fitur terbaru IDN App sebagai wadah yang menghubungkan content creator dengan komunitasnya. Melalui fitur ini, kita bisa menonton, berkenalan, dan mengobrol santai secara langsung di kolom komentar dengan streamer-streamer pilihan IDN App.

Momies punya topik menarik? Suka berinteraksi? Ingin memperluas komunitas? Cobain deh, jadi live streamer IDN Live. Semua member IDN App yang memenuhi kriteria, bisa kok mendaftar menjadi live streamer IDN Live. Berikut syarat dan ketentuan menjadi streamer IDN Live :


Cara Menjadi Streamer IDN Live:


1. Streamer harus berlokasi di Indonesia

2. Batas minimal usia 18 tahun ke atas

3. Memiliki setidaknya 100 pengikut di Aplikasi IDN

4. Konsisten melakukan streaming setiap hari

5. Mempromosikan kepositifan dan inklusivitas

6. Kreatif, memiliki kepribadian yang ramah dan bisa membawa ide-ide baru.

7. Mematuhi Pedoman dan Syarat & Ketentuan Komunitas IDN Live

Saat ini, IDN Live memiliki program dana RP 50 Miliar untuk para live streamer IDN Live. Program ini dinamakan program IDN Live Streamers Fund RP 50 Miliar.


Program IDN Live Streamers Fund RP 50 Miliar

idn live streamer


Pogram IDN Live Streamers Fund RP 50 Miliar adalah dana live streamers IDN yang ditujukan untuk komunitas streamers IDN sebagai penghargaan kepada para streamer atas kreativitas dan orisinalitas mereka dalam melakukan live streaming.

Dengan adanya program ini, streamer IDN Live berkesempatan mendapatkan penghasilan dan memungkinkan menjadikan live streaming sebagai mata pencaharian. Yes, jika dilakukan secara serius dan membawakan ide-ide kreatif yang mampu mengundang banyak viewers, maka dana yang diperoleh para streamer pun semakin tinggi.

Mengapa demikian? Karena besarnya dana yang diperoleh para streamer dipengaruhi beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut diantaranya:

1. Jumlah jam streaming yang dilakukan oleh streamer setiap harinya, harus konsisten setiap hari ya!

2. Jumlah viewers pada setiap live streaming yang dilakukan.

3. Interaksi streamer dan engagement chat dengan viewers

4. Jumlah virtual gift yang diberikan oleh viewers, dan beberapa faktor lainnya.

Berikut adalah skema poin bonus IDN Live Streamers tahun 2022 :

bonus idn live


Terlihat sulit? Tidak kok. Kuncinya adalah kita harus mampu berpikir kreatif. Bagaimana mengundang banyak viewers, bagaimana membuat viewers memberikan virtual gift, dsb.

Saya pernah menonton beberapa streamer IDN Live ketika live streaming, yang saat itu memiliki viewers banyak. Saya amati apa yang membuat mereka banyak dilihat. Salah satunya adalah banyak viewers yang tertarik dengan give away. Ada juga yang memberikan e-Pay jika memberikan virtual gift atau menonton dengan banyak akun.

Nah, beberapa cara tersebut bisa jadi pertimbangan momies. Tapi yang paling penting adalah bagaimana kita sebagai streamer menyajikan konten yang menarik dan bermanfaat. Jangan lupa, interaksi dengan viewers juga tak kalah penting, kalau momies tak ingin para viewers meninggalkan acara live streaming momies.


Keunggulan menjadi Streamer IDN Live


Tidak hanya mendapatkan penghasilan melalui bonus poin, namun IDN Live juga support streamer dengan menyediakan beberapa hal berikut :

1. Mendapat liputan media, strategi promosi, dan iklan berbayar di IDN Media ekosistem (IDN, IDNTimes.com, Popbela.com, Popmama.com, Yummy, Fortune Indonesia, dan Duniaku.com)

2. Mendapat akses untuk menggunakan IDN Media studio profesional terletak di kantor Jakarta dan Surabaya.

3. Berpeluang untuk mendapatkan sponsorship yang difasilitasi oleh ICE.

4. Mendapat pelatihan dan bimbingan ekstensif program dari tim IDN Media.

5. Perangkat Keras untuk mendukung sesi live streaming seperti: kamera, mic, mixer, tripod, pencahayaan, layar hijau, dll.

Hemmm bagaimana keren kan? Apalagi bisa diliput IDN media, jangkauan kita akan lebih luas.

Penutup


Mencari cuan di era digital ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Bahkan bisa dijangkau dan dikerjakan dari rumah. Asalkan kita mau terus belajar, mencari tahu, dan mengikuti perkembangan digital. Sudah siap menjadi content creator IDN App? Segera daftar dan selamat berkreatifitas!









Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment