header mandadee

5 Game Online PC Gratis yang Melatih Konsentrasimu!

9 comments
Konten [Tampil]

game online
5 game online PC gratis yang akan saya rekomendasikan ini dijamin akan melatih konsentrasi bagi yang memainkannya. Belakangan ini setelah bernostalgia dengan game jadul, saya sering mencari-cari lagi game online PC yang dulu pernah saya mainkan.

Kenapa memilih game online PC? Selain pilihannya banyak, game online PC ini tidak membuat memori smartphone saya terkuras, karena saya tidak perlu men-download satu-persatu game yang ingin saya mainkan. Bayangkan berapa banyak memori smartphone yang harus saya habiskan untuk memainkan 5 jenis permainan yang berbeda?

Soalnya saya tipe yang suka nyobain berbagai game, hihi. Jadi deh, bahagia sekali kalau bisa nyobain game online gratis tanpa harus men-download. Kaya di solitaire.org ini. Banyak pilihan game yang bisa dimainkan secara gratis tanpa men-download. Serunya lagi, di solitaire.org game masih bisa dimainkan dalam kondisi offline. Kebetulan juga, semua permainan yang ada di website ini adalah kategori game favorite yang sering saya mainkan dulu di smartphone.

5 Game Online PC Gratis yang Melatih Konsentrasimu!

Berikut ini 5 rekomendasi game online PC gratis yang bisa melatih konsentrasi dalam memecahkan masalah :

1. Solitaire

Solitaire atau yang juga disebut dengan "Patience" game tetap menjadi game favorite saya saat mengisi waktu luang. Meskipun Solitaire ini sudah ada di PC karena menjadi bagian dari Microsoft, namun solitaire.org menyajikan lebih banyak jenis Solitaire yang bisa kita mainkan. Diantaranya adalah Solitaire Cassic, Klondike Solitaire, Spider Solitare, FreeCell Solitaire, Pyramid Solitaire, Tripeaks Solitaire, Golf Solitaire.

Sebenarnya goals dari semua jenis Solitaire sama saja, yang membedakan hanya cara bermainnya. Dari tujuh macam Solitaire, saya hanya mencoba 2 saja, yaitu Classic Solitaire dan Spider Solitaire. Kedua jenis Solitaire ini yang familiar dan sering dimainkan banyak orang hihi.

Classic Solitaire

solitaire
Pasti sudah banyak yang tahu dong cara bermain solitaire classic ini? Cara bermainnya terlihat sederhana tapi membutuhkan konsentrasi tinggi dan ketelitian. Salah langkah, bisa stuck dalam permainan. Kesempatan untuk mengulang langkah atau undo hanya bisa dilakukan satu kali.

Di bawah ini adalah table permainannya.

solitaire


28 kartu ada di 7 kolom bagian Tableau dan 24 kartu sisanya ada di bagian stock. Nah, ada dua mode nih dalam permainan Solitaire. Bisa pilih mode 3 (turn 3), jadi kartu yang muncul dalam stock sekali kliknya langsung 3 kartu atau pilih mode 1 (turn 1).

Mode 3 ini yang paling susah buat saya. Selama bermain tidak pernah berhasil sampai akhir. Tapi, bahagia banget pas main kemarin bisa menang walau cuma sekali hahaha. Waktu buat menangin gamenya lumayan lama sekitar 10 menit.

Goals-nya kita tumpukin kartu ke dalam urutan dari K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A. Tapi di sesuaikan ya, warna dan bentuk kartunya.

Spider Solitaire

solitaire


Berbeda dengan solitaire classic, spider solitaire mengharuskan kita menumpuk kartu sesuai urutan dan warna. Kalau tidak, warna yang berbeda dalam tumpukan tidak bisa dipindah.

Selain itu, spider solitaire suits lebih bervariasi tergantung levelnya. Level easy 1 suit, medium 2 suits, dan hard 4 suits. Di dalam solitaire classic keempat suits bisa dipakai.

Nah, saya memilih memainkan level medium. Beberapa kali memainkan level medium ini tidak pernah berhasil. Katanya, spider solitaire ini adalah yang paling sulit dari semua game solitaire. Diperkirakan hanya 50% pemain ahli yang bisa memenangkan spider solitaire. Waw!

2. Mahjong

mahjong

Permainan asal China ini, dulu sering saya mainkan di aplikasi Smartphone. Sama seperti Solitaire butuh konsentrasi tinggi juga. Salah langkah, permainan akan terblock. Kecuali ada pilihan shuffle, bisa memudahkan dalam melanjutkan permainan.

Dalam solitaire.org, permainan mahjong banyak jenisnya. Ada, Mahjong solitaire, Mahjong 3D, Animal Connection, China, Cooking, Golden Autumn, dan Panda. Saya memainkan 2 diantaranya, yaitu Mahjong 3D dan Mahjong China.

Cara main mahjong ini adalah menyamakan 2 mahjong tiles yang memiliki tipe yang sama. Mahjong tiles baru bisa ter-remove kalau posisinya paling atas atau sisinya tidak tertutup dengan tiles yang lain.

Mahjong 3D menurut saya permainan mahjong paling unik. Yang membedakan dengan mahjong lainnya adalah kita bisa me-rotate tilesnya. Jadi, viewnya bisa kita lihat dari berbagai sisi.

Sedangkan Mahjong China, kita bisa memilih lay out levelnya. Ada 245 lay out yang berbeda untuk tiap levelnya.

mahjong


Sebenarnya saya tertarik dengan semua jenis mahjong di solitaire.org ini. Next, nyobain satu persatu.

3. Letter Scramble

scramble


Pertama kali tahu scramble ini saat masih duduk di Sekolah Menengah. Saat itu, materi pelajaran Bahasa Inggris membuat permainan scramble dari gabus yang dibentuk kotak-kotak di atasnya ditulisi huruf-huruf. Cara memainkannya seperti bermain teka-teki silang. Goalsnya adalah memperbanyak kosa kata Bahasa Inggris kita.

Sama seperti di solitaire.org ini, bertujuan untuk memperbanyak kosakata Bahasa Inggirs juga. Bedanya kalau di permainan ini, letter disebar secara acak lalu kita submit satu demi satu hurufnya sehingga membentuk sebuah kata. Tantangannya adalah kita berburu dengan waktu. Semakin lama kita berpikir, semakin menumpuk huruf-huruf. Akibatnya, kita kesulitan mencari huruf yang sesuai untuk dibentuk sebuah kata. Asik, ya?

4. Zuma Legend

zuma


Pernah mainin Zuma offline di PC? Sama juga seperti letter scramble dan solitaire, kenal zuma ini di PC pentium 4 pertama saya, Zuma Deluxe namanya.

Permainan ini cukup mudah, tapi butuh konsesntrasi tinggi. Kenapa? Walaupun hanya melempar bola ke bola yang sama warnanya, tapi kita berpacu dengan waktu. Lengah sedikit, kita kehabisan waktu untuk menyelesaikan misinya. Sudah pernah coba?

Zuma Legend ini mirip sekali dengan Zuma Deluxe. Levelnya lumayan banyak, ada 100 level. Cara mainnya, kita cukup melempar bola dengan warna bola yang sama. Bola bisa ter-remove apabila terkumpul 3 bola atau lebih. Ada koin yang harus kita ambil juga untuk menambah score.

5. Hidden Object

hidden object



Seperti tajuknya "Hidden Object", permaian ini meminta kita untuk menemukan objek-objek yang tersembunyi. Terdapat bar misi, objek apa saja yang perlu kita temukan. Kalau mata kita tidak jeli dan teliti, kita tidak bisa menemukan barang yang dicari. Soalnya, cukup kecil-kecil objek yang tersembunyi.

Nah, pertama kali mainin game semacam ini saat masih aktif di game online Facebook. Kemudian beralih ke aplikasi smartphone. Namun, cukup tinggi juga memori yang terpakai. Terpaksa uninstall hihi

Game ini benar-benar cukup membunuh waktu karena selalu merasa penasaran inget lanjut ke next level.

Seperti permainan lainnya, dalam solitaire.org ini hidden object juga banyak variasinya. Namun, variasi di sini berupa tempat-tempatnya. Ada yang di Kitchen, Garden, Castel, China, Circus, Hotel, Pirates, Princess.

Hampir semua variasi tempatnya saya coba, salah satunya Hotel. Terdapat 10 level di dalam hidden object hotel ini. Kita harus menyelesaikan misi di tiap levelnya sesuai waktu yang sudah ditentukan. Di level pertama kita diberi waktu 4 menit. Semakin tinggi level, semakin sempit waktu yang disediakan. Semakin cepat kita menyelesaikan misi, semakin tinggi score yang kita peroleh.

Namun, harus hati-hati jangan sampai salah klik objek. Apabila kita salah mengklik objek, waktu akan berkurang 5 detik.

Eh, asiknya lagi, saya memainkan hidden object ini bersama anak sulung saya. Seru, membantu anak melatih konsentrasi dan ketelitian melalu game ini.

Itulah 5 game online PC gratis yang saya rekomendasikan untuk membantu melatih konsentrasi. Game yang ada di solitaire.org ini asik-asik. Namun, hati-hati bisa lupa waktu. 😆
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

9 comments

  1. Kayaknya seru deh, buru-buru nyobain dehhh

    ReplyDelete
  2. Iya mbak, nge-game memang kadang bikin lupa waktu. Aku pernah sampai ngehapus semua game di gadgetku. Hhhe. Dan sekarang malah pengen nge-game sih. Saat Nemu situs game tanpa install aplikasi bikin berbinar. Lumayan ya, bisa nge-game buat hiburan. Nah, kalau solitare ini aku belum nyoba sih mbak, bisa jadi rekeomndasi nih 🤭

    ReplyDelete
  3. zumaaaaa adalah favorit sepanjang masa, suka banget main ini bareng alm. ayah. dan juga hidden objects, nantang banget buat ak. harus cepet dapet dalam waktu sesingkat-singkatnya pokoknya :D

    ReplyDelete
  4. Letter Scramble belum pernah ku mainkan, kalo yang lain udah walau ga pernah menang wkwk
    Sekarang main game ga perluu donlot lagi, langsung ke website aja udah beres dan iya ati-ati lupa waktu wkwk

    ReplyDelete
  5. Ternyata solitaire ini banyak macam game ya didalamnya.. Aku kira cuma game kartu aja nih.. Besok cobain gamenya juga deh :D

    ReplyDelete
  6. Semua game di atas aku dah kenal sejak SD SMP mba wkwkwk

    Bener-bener nostalgia bgt liat solitaire, mahjong, zuma, scramble, hidden object. Astaga kangen bgt.

    Mau coba main juga ah ;) biar melatih konsentrasi dan olahraga otak.

    ReplyDelete
  7. Ahahaha, jadi nostalgia jaman sekolah dulu Mbak. nyuri-nyuri waktu buat main game solitaire di PC lab komputer :v
    Jadi ingin mencobanya, Mbak. Makasih yaaaa

    ReplyDelete
  8. Hwkakaka aku brarti gagal komsentrasi deh saat main solitaire hwkamaa sampai skrg punbelum berhasil menata urutan kartunya.

    Ya, akhirnya aku pilih game lain
    .tampaknya aku sama mbak manda smaa nih beberpaa game kesukaannya

    ReplyDelete
  9. Aku pilih tetris sama Mahjong aja deh.... etapi semua game jadul yang direkomendasikan, semuanya asik sih...

    ReplyDelete

Post a Comment