header mandadee

90 Hari Bersama Blogspedia Coaching for Newbie

5 comments
Konten [Tampil]

 

blogspedia coaching

Blogspedia Coaching for Newbie, ada yang pernah dengar? Blogspedia coaching adalah pelatihan blog dari nol yang diampu oleh coach Marita . Pertama kali saya mendapat info pelatihan ini, dari Komunitas Bloger Bengkel Diri. Saat itu, blogspedia coaching pertama kali diadakan. 

Seperti menemukan harta karun, saya langsung berbinar membuka link yang berisikan rentetan materi dan persyaratan. “Wah, ini kelas yang saya cari!” Saya sangat menanti-nanti kelas yang mampu mengajari saya blog dari nol sejak saya membuat blog. Saya butuh ada yang mengajari saya mengoptimalisasi blog, agar tulisan saya dapat dibaca banyak orang.

Alhamdulillah menemukan kelas ini. Tak pikir panjang saya mengisi G-form pendaftaran dan memenuhi persyaratannya. Berharap sekali saya merupakan salah satu yang dapat memasuki kelas tersebut. Kelas tak berbayar itu, memang memiliki seat terbatas. 

Beberapa hari setelah pembukaan pendaftaran, saya mendapat Whastapp pribadi dari coach Marita yang menanyakan apakah masih berminat mengikuti Blogspedia Coaching for Newbie Batch 1? Loh, memang sudah ada pengumumannya? Ternyata saya terlewat broadcast karena belum save nomor coach Marita. Beruntung sekali saat itu, coach Marita mau Whatsapp pribadi. Jadi, saya tidak terlewat mengikuti kelas.

Setelah masuk ke dalam kelas, dan memulai kelas. Masyaa Allah, materinya tidak main-main. Semuanya daging. Ingat sekali saat itu saya baru melahirkan anak kedua. Mengerjakan tugas sambil menggendong si bayi, menyusui, dan menemani anak pertama bermain. Hanya demi tidak ingin dikeluarkan dari kelas.

Persayaratan utama mengikuti blogspedia coaching adalah orang-orang yang mau bersungguh-sungguh belajar. Oleh karenanya, bagi yang terlewat mengerjakan tugas akan dikeluarkan dari kelas. Qadarullah, saat itu bertepatan pula saya harus boyong dari Indramayu ke Malang. Tidak sempat membuat tugas dan akhirnya dikeluarkan. Coach Marita sudah memberi keringanan, namun memang tugas belum juga terpegang karena banyak yang harus diurus. 

Sedih rasanya. Materi terakhir yang saya ikuti di Blogspedia Coaching for Newbie Batch 1, hanya sampai memasang TLD. Padahal masih banyak materi-materi lainnya yang saya butuh untuk dipelajari. Saya hanya bisa bertanya kepada teman-teman Blogspedia Coaching for Newbie Batch 1 tentang materi apa yang sedang dipelajari. Namun, memang beda rasanya. 

Mulai detik saya dikeluarkan, saya selalu melihat status Whatsapp coach Marita kalau-kalau blogspedia batch 2 dibuka. Padahal Blogspedia Coaching for Newbie Batch 1 saja masih belum selesai hihi. Karena memang materi dari kelas ini sangat rugi untuk ditinggalkan.

Blogspedia Coaching for Newbie Batch 2

Mei 2021. Akhirnya pembukaan Blogspedia Coaching for Newbie Batch 2 di buka. Masyaa Allah penantian panjang. Penantian 6 bulan lamanya untuk mendaftar batch 2. Alhamdulillah tak tertinggal informasi berharga ini. Namun, melihat syarat batch 2 lagi-lagi dipenuhi kekhawatiran. Karena seat yang tersedia semakin sedikit. Kebetulan ada yang sudah mendapatkan voucher freepas untuk memasuki kelas batch 2.
Saat itu, hanya bisa berdoa agar bisa terpilih menjadi peserta. Khawatir tidak terpilih, saya juga akhirnya membuat blog baru yang saat ini saya pakai, mandadee.my.id, karena salah satu syaratnya adalah blog yang diikut sertakan tidak boleh TLD. Sedangkan blog saya sebelumnya, sudah TLD.

Proses Seleksi Blogspedia Coaching Batch 2

Berbeda seperti seleksi batch 1, seleksi ini dibagi menjadi 2 peserta. Yaitu peserta yang menggunakan voucher freepass yang masuk dengan mengikuti challenge blogspedia, dan peserta umum. Nah, untuk persyaratan mengikuti seleksi peserta umum bisa dilihat di bawah ini :
1. Newbie
• Hanya untuk yang baru membuat blog atau sudah punya blog tapi BELUM TLD alias masih berembel-embel xxx.blogspot.com. *TLD: top level domain (dot com, dot net, dot my dot id, dst).
• Hanya menerima platform blogspot.
• Belum tahu caranya membuat blog sama sekali, tapi mau tahu dan mau belajar.
• Tidak menerima yang coba-coba, atau ngaku-ngaku newbie.
2. Punya hobi menulis.
3. Siap begadang mengerjakan tugas dan siap dieliminasi kalau tidak mengerjakan tugas.
4. Kelas Gratis/ TIDAK DIPUNGUT BIAYA, tapi harus siap mengeluarkan dana untuk membeli custom domain. Tidak harus domain yang 150ribuan, domain 10ribuan juga boleh. Yang penting nanti tahu bagaimana cara membeli dan memasangnya.
5. Silakan buat postingan di feed instagram tentang “Mengapa Pengen Ikut Blogspedia Coaching?”, jangan lupa tag dan mention akun @blogspedia dan @maritaningtyas.
6. Punya semangat belajar yang tinggi, no ngeluh dan baper club.
Bagaimana persyaratannya? Mudah kan? Lamanya proses seleksi batch 2 lebih cepat daripada batch 1. Karena sekitar 19 peserta sudah terisi dari hasil 13 Days Blogspedia Challenge. Sisanya sekitar 13 peserta diambil dari peserta umum. Saya termasuk lolos seleksi peserta umum. Alhamdulillah, setelah penantian panjang akhirnya masih diberi kesempatan oleh coach Marita mengikuti kelas ini.
Peserta yang lolos akan di-invite ke group Whastapp dan Google Classroom. Group Whastapp digunakan sebagai penjelasan materi dan diskusi, sedangkan Google Classrom digunakan untuk pemberian materi dan pengumpulan tugas.

Materi Blogspedia Coaching Batch 2

blogspedia coaching
Sekitar 23 materi yang akan disampaikan dalam coaching ini. Bisa dilihat pada gambar di atas, materinya daging semua bukan? Dari kemampuan dasar dan adab bloger sampai peluang job untuk bloger. Beruntungnya lagi, semua materi yang kita dapatkan Free alias tanpa dipungut biaya. Kapan lagi mendapat materi yang segitu banyak dengan gratis. Bayangkan, diluaran sana berapa biaya yang akan dikenakan untuk satu materi.
Disetiap materinya coach Marita akan memberikan tugas berbentuk artikel yang berkaitan dengan materi. Di samping, untuk lebih memahami materi, tugas ini juga berguna melatih kita untuk konsisten membuat konten blog.
Coaching berlangsung kurang lebih selama 90 hari. Materi akan disampaikan setiap 3 hari sekali alias 2 materi dalam seminggu. Biasanya materi diberikan pada hari Senin dan Kamis. Sebelum materi di hari Kamis diberikan, peserta wajib sudah mengumpulkan tugas yang diberikan pada materi hari Senin. Deadline biasanya 2 hari setelah materi diberikan.
Semua materi yang diberikan sebenarnya menantang dan selalu ditunggu-tunggu. Tapi, 2 materi yang paling menantang dan membutuhkan effort yang lebih adalah materi memasang Top Level Domain & Mengoprek Template Blog. Benar-benar tantangan yang luar biasa. Panik, settingan hilang, payment yang tidak terkonfirmasi padahal sudah dibayar, wah semua perasaan jadi satu. Walaupun akhirnya alhamdulillah bisa diselesaikan dengan baik.

Pengalaman Mengikuti Blogspedia Caoching For Newbie Batch 2

Kalau berbicara tentang pengalaman, mungkin tidak bisa diungkapkan dengan 1200 kata. Saya sangat bersyukur sekali bisa masuk dan belajar di sini. Bertemu pengampu yang Masyaa Allah sangat mengayomi dan membantu namun tegas. Bertemu dengan teman-teman yang diam-diam menghanyutkan.
Mereka orang-orang hebat yang saya sangat bersyukur mengenal mereka. Banyak diantara mereka yang mommies tapi semangat belajar di tengah kegiatan domestik dan mengurus anak tak menyurutkan mereka. Ada yang usianya jauh lebih muda, bahkan masih sekolah menengah, tapi mampu mengikuti dengan baik. Bunda yang usianya lebih di atas, namun semangat mau belajarnya tak surut. Bahkan ada yang berprofesi sebagai dokter dan guru, yang masih mau menyempatkan diri untuk belajar.
Mengenal mereka membuat saya merasa malu saat keinginnan belajar ini surut. Meski harus mengerjakan tugas sambil memangku anak yang terbangun di tengah malam, atau menyusuinya, di tengah perut yang membesar, di tengah anak yang tiba-tiba sakit, tak lagi menjadi soal.
Teringat bagaimana saya menunggu kelas ini selama 6 bulan, teringat bagaimana saya menyesal karena harus dikeluarkan. Membuat saya bertekad harus lulus di batch ini. Harus menjadi cupuers (sebutan untuk peserta yang lulus) dan berkumpul dengan teman-teman batch 1 & 2.
Bahkan saya tidak berani memasang banner cuppuers saat mengoprek template, sebelum saya benar-benar dinyatakan lulus. Semoga dengan saya berada di titik ini, saya bisa dinyatakan lulus menjadi cupuers.
Belajar di blogspedia, membuat saya tahu kalau blog tidak hanya untuk sekedar menulis. Kalau ingin menjadi bloger profesional, harus tahu kaidah-kaidah SEO yang harus dipenuhi. Ini nih, yang membuat saya terbiasa mengecek SEO setiap kali membuka artikel orang lain. Selain SEO banyak lainnya yang ternyata harus dipelajari untuk mengoptimasi blog. A

Mengenal Marita Ningtyas Founder Blogspedia Coaching

marita ningtyas
Marita Surya Ningtyas, wanita kelahiran Semarang, 16 Maret 1985 ini memiliki nama pena Marita Ningtyas. Beliau aktif sebagai blogger profesional yang saat ini menangani beberapa blog, yaitu Marita's Palace, Rumah Kita, Salam Bunda, dan Blogspedia. 
Memiliki keluarga yang harmonis, dan suami yang mensupport kegiatannya sebagai seorang bloger. Sedikit menilik kehidupan dalam keluarganya, membuat saya mengagumi keluarga Beliau. Keluarga yang saling support dan saling menerima, mungkin itu kunci keharmonisan keluarga beliau (hihi hanya asumsi diri sendiri)
Beliau adalah sosok multi talent, tegas, disiplin, dengan segudang aktifitasnya beliau mampu memanagement semuanya. Kadang saya sendiri sering geleng-geleng kepala, kok bisa ya mba Marita membuat banyak artikel, tidak hanya untuk satu blog namun beberapa blog. Masih sempat membuka coaching untuk kami pemula, mengikuti banyak webinar, kelas online, belum lagi mengurus keluarganya.
Apalagi cita-citanya yang ingin membuka lowongan pekerjaan, menurut saya sangat mulia. Kesan pertama saya tentang Beliau adalah
"Kok ada ya, yang mau repot-repot mengajarkan materi bloging segini banyak, dengan waktu yang cukup lama, gratis lagi" dan jawaban mba Marita saat itu sederhana tapi cukup membuat saya terkagum.
"Saya hanya ingin meneruskan ilmu dari guru-guru nge-blog saya yang juga berbaik hati memberikan ilmunya seacara gratis"

Entah mau mengungkapkan apalagi,  yang pasti hanya doa yang bisa saya berikan untuk coach kami,

"Coach semoga ilmu yang coach berikan kepada kami menjadi amal jariyah yang terus mengalir." Aamiin.

Makin penasarankan dengan blogspedia coaching? Buat moms, yang mau belajar dari nol tentang blogging, pantengin terus instagram @blogspedia dan @maritaningtyas. Siapa tahu dalam waktu dekat akan ada pendaftaran Blogspedia Coaching for Newbie Batch 3. Goodluck!

Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

5 comments

  1. Qodarullah ya mb, tapi hikmahnya kita bisa ketemu di batcah 2 ya. hihihi

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak mbak. Mbak Dea juga luar biasa, jadi waktu batch #1 lagi hamil anak kedua, sekarang hamil anak ketiga ya mbak? Masya Allah.. keren euy!

    ReplyDelete
  3. Saya bangga karena sebagai org yang masuk kelas ini melalui jalur voucher,,,
    Sukses terus buat mbak mandadee,,

    ReplyDelete
  4. Udah dua kali BW nemu artikel bahas ini. Menarik banget. Jd pengen ikutan..

    ReplyDelete

Post a Comment