header mandadee

PPKM Darurat Diperpanjang? Ini, 7 Aktivitas Seru di Rumah

3 comments
Konten [Tampil]
ppkm darurat


Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat diisukan akan diperpanjang hingga 6 minggu ke depan. PPKM darurat yang semula akan berakhir pada 20 Juli 2021 ini merupakan kebijakan pemerintah Indonesia guna menurunkan kasus konfirmasi covid-19 yang diberlakukan dititik penyebaran infeksi covid-19 Jawa dan Bali.

Melihat jumlah kasus harian yang terus meningkat, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan adanya kemungkinan untuk memperpanjang PPKM darurat.

Meningkatnya Kasus Covid-19 di Indonesia

Meningkatnya kasus covid-19 memang sangat saya rasakan sekali. Ada saja setiap harinya berita duka yang saya baca dari group-group Whatsapp. Bahkan beberapa waktu lalu, ketika saya berbincang dengan kerabat di tanah kelahiran, Indramayu, saat ini kondisi di sana kian memburuk.

Dalam satu desa, bisa mencapai 4-5 warga yang meninggal dunia terkonfirmasi covid-19. Sirine ambulance bersautan. Jujur saja, hal ini menimbulkan ketakutan pada diri saya, seperti saat pertama kali covid-19 muncul di Indonesia.

Akan tetapi, ketakutan berlebihan, rasa panic, justru akan membuat imunitas dalam tubuh kita menurun. Di mana, virus covid-19 akan mudah sekali masuk pada imun tubuh yang tidak baik. Oleh karenanya, untuk menjaga imun tubuh agar tidak menurun, menghilangkan rasa takut dan panic berlebih, saat PPKM ini saya menyiapkan beberapa kegiatan di rumah yang mungkin bisa menjadi ide moms di rumah.

7 Aktivitas Seru di Rumah Saat PPKM Darurat

1. Food Preparation

Adakah moms di sini yang sudah terbiasa dengan food preparation? Jika belum, inilah saatnya memanfaatkan waktu untuk mencoba food preparation di rumah.

Apa sih food preparation itu? food preparation adalah teknik menyiapkan bahan makanan dalam jumlah banyak. Kalau saya, biasanya untuk satu minggu ke depan.

Selain untuk efisiensi waktu, food preparation saat PPKM bisa kita manfaatkan agar tidak terlalu sering berinteraksi di luar rumah, khususnya pasar yang setiap harinya masih banyak pengunjung. Dengan food preparation, kita hanya satu minggu sekali pergi ke pasar untuk menyiapkan bahan makanan. Walaupun saat ini dikarenakan punya anak dua yang masih balita, untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, biasanya saya memanfaatkan membeli sayuran online yang ada di Malang.

Sebelum memulai belanja, moms bisa bikin list masakan dulu nih untuk satu minggu ke depan. Agar bahan makanan yang moms beli bisa dipenuhi sesuai dengan kebutuhan.

2. Saatnya Berbenah Rumah dengan Pasangan

Adanya pasangan yang saat ini banyak menghabiskan waktu di rumah, saya manfaatkan untuk bersama-sama membenahi rumah. Walaupun menyapu, mengepel, bersih-bersih rumah adalah kegiatan rutin yang biasa dilakukan moms setiap hari, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu PPKM ini untuk berbenah dengan pasangan.

Misalnya, mengubah tata letak ruangan, mendekorasi ulang ruang main anak, atau mensortir barang yang sudah tidak terpakai, agar rumah lebih terlihat bersih dan lapang. Karena di saat pandemic seperti ini kebersihan lingkungan menjadi prioritas untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

3. Menata Taman

Akibat terlalu sibuk dengan urusan domestic bersama si kecil di rumah, keberadaan pasangan di rumah membuat kami memiliki waktu untuk menata taman. Selain untuk mengisi waktu, menata taman membuat rumah menjadi semakin rapih dan bersih.

Taman yang tertata, ditumbuhi bunga-bunga dan penghijauan lainnya, akan memiliki keindahan yang bisa kita nikmati. Hal itu bisa meningkatkan imun kita juga loh, moms.

Kami mulai menanam rumput gajah, dollar mini agar tembok halaman kami dipenuhi daun dollar mini, serta menanam wortel, bawang, dan cabai. Tidak hanya soal menanam, kami juga sembari mengenalkan macam-macam tanaman dan sayuran yang akan ditanam. Serta memberi tanggung jawab anak-anak untuk menyiram tanaman yang mereka tanam.

4. Menonton Film Bersama Keluarga

Bagi saya yang Long Distance Marriage (LDM) dengan suami, memiliki waktu untuk menonton film bersama adalah hal yang sulit. Oleh karena itu, saya memanfaatkan PPKM ini untuk menonton film bersama pasangan dan anak-anak di rumah.

Kebetulan sekali, saat ini anak-anak pun sudah mulai bisa mengikuti alur cerita panjang. Saya mulai, mengumpulkan film-film animasi seru dan sarat makna yang layak ditonton anak-anak. Selain untuk quality time, sembari menonton saya manfaatkan untuk menjadi media edukasi anak-anak juga. Sebagai contoh, film The Good Dinosaurs, sembari menonton saya sodorkan juga buku the Good Dinosaurs untuk mengenalkan tokoh-tokoh yang ada di dalam film. Kebetulan, saya memilih film yang tokoh-tokohnya adalah binatang, supaya bisa mengenalkan macam-macam nama binatang pada anak-anak.

5. Berkemah di Dalam Rumah

Mencari suasana yang berbeda bisa juga dengan moms mendirikan tenda, untuk berkembah di halaman rumah. Jangan lupa, alat pemanggang, arang, ubi, dan roti disiapkan agar lebih seru. Ubi dan roti bisa diganti ya sesuai selera moms dan keluarga. Kebetulan di rumah ada ubi madu, jadi deh kami pilih ubi dan roti sebagai bahan untuk dibakar.

Sebenarnya tenda yang ada di rumah hanya tenda bermain anak, tapi tak apa, tak menghilangkan keseruan kami. Saya dan suami berbagi tugas. Saya mendirikan tenda dan suami menyiapkan arang untuk membakar roti dan ubi. Setelah mendirikan tenda, anak-anak duduk di dalam tenda sembari menunggu dengan penuh rasa penasaran api yang dibuat oleh sang ayah. “fire… fire…” kata mereka setelah apinya muncul dari arang. Lucu sekali.

Kemudian saya mulai menyiapkan roti dan ubi untuk dibakar. Saya bungkus ubi dan roti dengan alumunium foil lalu tusuk menggunakan tusuk sate agar mudah di pegang saat memanggang. Walau sebenarnya dalam keadaan kantuk, anak-anak tetap sabar menanti ubi dan roti yang sedang dipanggang. Terlihat raut wajah mereka yang gembira sembari sesekali tepuk tangan melihat api.

Senang sekali melihat mereka se-happy itu. bagaimana moms, mau coba berkemah di rumah?

6. Mengikuti Kelas Online

Selama pandemic, banyak sekali kelas online yang dibuka, baik untuk kelas parenting, kelas main untuk anak, ataupun kelas untuk belajar bisnis. Semua ada. Bahkan kelas perdapuran dan berbenah pun ada.

Moms bisa nih, mengikuti salah satu kelas online yang moms butuhkan untuk mnegisi waktu dan mengembangkan diri. Boleh juga mendaftarkan anak untuk kelas mainnya agar anak-anak tetap bisa berinteraksi dengan dunia luar.

Bagi saya, yang sibuk mengurus si kecil yang sulit mengikuti kelas pemgembangan diri secara offline, kelas online ini mempermudah saya untuk mengembangkan diri. Saya mulai mengikuti beberapa kelas online selama pandemic ini. Begitu juga anak-anak, saya daftarkan untuk kelas main. Alhamdulillah pengaruhnya positif sekali. Anak suka mengenal orang baru walau hanya melalui layar laptop.

7. Membuat Snack Favorit Keluarga

Apa snack favorit keluarga di rumah, moms? Nah, kebetulan sekali kami keluarga doyan nyemil hihi. Daripada harus beli jajanan di luar, ada baiknya kita membuat snack sendiri nih, moms.

Biasanya saya membuat snack berbeda tiap harinya. Membuat puding, brownies, pisang keju, donat dll. Tantangan buat saya adalah ketika membuat donat. Karena sebelumnya belum pernah mencoba membuat donat. hehe

Nah, dalam prosesnya tentu saja, saya mengajak anak-anak untuk ikut serta membuat snack, walau hanya menabur keju atau meses, menuang puding ke cetakan, dll.

Berantakan sih, tapi setidaknya hal itu membuat mereka senang 😀

Moms, jangan biarkan PPKM darurat membuat moms dan keluarga stress dan bosan di rumah. Semoga 7 ide aktivitas seru di rumah bisa membantu moms dan keluarga menghilangkan rasa bosan di rumah ya. 

 


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

3 comments

  1. 7 aktivitaa serunya bisa dicoba nih ;) tapi aku lagi kejebak LDR sama paksu (lah malah curhat). Jadi poin2 tertentu banyak failes ga bisa dipraktekan dalam waktu dekat. Semoga lekas membaik bumi kita ya :')

    ReplyDelete
  2. Aku masih disibukan dengan berbagai kerjaan nih hehehe

    ReplyDelete
  3. Wah, hampir mirip bahasan kita ya mb hihi

    ReplyDelete

Post a Comment