header mandadee

Bermain Bersama Kelas Main Harmoni

9 comments
Konten [Tampil]
 
kelas main harmoni


Di masa pandemik dewasa ini, banyak sekali dibuka kelas-kelas online baik untuk pengembangan diri, bisnis, financial, bahkan masalah perdapuran. Tak kalah, kelas untuk anak-anak pun banyak dibuka untuk mengisi waktu selama di rumah. Salah satunya adalah Kelas Main Harmoni.

Kelas Main Harmoni saya temui melalui instagram story seorang teman yang sedang mengabadikan kegiatan anaknya bersama Kelas Main Harmoni. Penasaran, akhirnya saya buka instagram Kelas Main Harmoni dan melihat-lihat kegiatan apa saja di dalamnya. Kebetulan sekali, selain untuk mengisi kegiatan Kun di rumah, sepertinya kelas ini pas untuk mengenalkan Kun bersosialisasi dengan dunia luar dan mengenalkan seperti apa dunia sekolah yang sebentar lagi akan dia hadapi.

Pengalaman Kun Bersama Kelas Main Harmoni

pengalaman kelas main harmoni


Percayalah moms, walaupun Kelas Main Harmoni bukan sekolah formal, akan tetapi saya sebagai seorang Ibu, adalah orang pertama yang dag dig dug gemetar ketika Kun untuk pertama kalinya akan mengikuti kelas. Rasanya seperti benar-benar mengantar anak ke dunia luar di mana dunia yang akan ia hadapi untuk kehidupan sosialnya. Perasaan berkecamuk, seperti “Kun mau berinteraksi engga ya?” “Kun mau dan bisa mengikuti kelasnya engga ya?” “Kun nanti tertarik engga ya” dan banyak hal lainnya. Hehehe

Masyaa Allah, ternyata ketika pertama mengikuti kelasnya anaknya menunjukan ketertarikan. Walaupun masih malu-malu saat ditanya oleh teachers, tapi Alhamdulillah teachers di Kelas Main Harmoni mampu interaktif dengan anak-anak. Sehingga menciptakan suasana yang hidup dalam kelas.

Satu hari sebelum memulai kelas, Kun mulai menyiapkan perlengkapan untuk crafting keesokan harinya. Di Kelas Main Harmoni ini memang tidak disediakan perlengkapan main. Perlengkapan crafting parents sendiri yang menyiapkan. Tujuannya adalah agar anak dan orang tua bisa membangun kedekatan saat menyiapkan craft.
 
Kun selalu bersemangat baik saat menyiapkan craft maupun saat berada di dalam kelas. Tak disangka juga, ia selalu menanti kelasnya. Awalnya, sebagai uji coba, saya hanya mendaftarkan Kun kelas 4x pertemuan. Tapi karena selalu merengek “aku mau school, aku mau school”, akhirnya bulan berikutnya saya pilih kelas 8x pertemuan.
 
Pernah pada bulan Mei lalu, saya tidak mendaftarkan Kun untuk mengikuti kelas. Karena saat itu bulan puasa dan berpikir mau mudik, pasti repot nantinya. Akibatnya, Kun menangis seharian karena minta school. Hihi
 
Kelas Main Harmoni memang kelas main yang selalu dinanti oleh Kun. Saat ini pun, Kun sudah bisa lebih bersosialisasi. Tak malu-malu lagi ia menunjukan banyak hal yang dia punya kepada gurunya.

suasana kelas
Suasana Kelas, Kelas Main Harmoni

 

Kenal Lebih Dekat Kelas Main Harmoni

mengenal kelas main harmoni


Apa itu Kelas Main Harmoni?

Kelas Main Harmoni merupakan kelas main yang dibentuk oleh Miss Elsa dan Miss Fya pada Maret 2020. Kelas Main Harmoni awalnya dibentuk untuk menghibur anak-anak di circle Miss Fya dan Miss Elsa yang mendadak harus belajar dari rumah. Saat itu, hanya ada 4 anak di kelas adik dan 4 anak di kelas kakak.
 
Tiga bulan pertama dibentuknya Kelas Main Harmoni, yaitu Maret, April, dan Mei 2020 dibuka kelas donasi. Uang yang terkumpul adalah sukarela dari parents yang kemudian 100% diberikan kepada orang-orang yang terdampak Covid-19. Masyaa Allah…

Adanya permintaan dari orang-orang terdekat, maka Kelas Main Harmoni resmi dibuka pada 1 Juli 2020. Dengan jumlah peserta 7 orang kelas adik dan 8 orang kelas kakak. Lewat minggu pertama pendaftar bertambah dengan total 29 anak yang tercatat di bulan Juli 2020. Masih dihandle oleh Miss Fya dan Miss Elsa.

Saat ini, Kelas Main Harmoni sudah semakin berkembang. Jumlah peserta terus bertambah tiap bulannya. Teachers-nya pun sudah bertambah. Terasa sekali, saat Kun pertama kali mengikuti kelas di bulan November, saat itu memang masih beberapa anak yang ikut. Programnya pun masih belum banyak. Hanya kelas main saja.

Namun, saat ini Kelas Main Harmoni semakin banyak diminati. Programnya pun bertambah. Tidak hanya itu, sistemnya juga berkembang. Dari proses pendaftaran hingga proses belajar mengajar.
Kelas Main Harmoni ini menggunakan metode Montessori. Para pengajar adalah pegiat Montessori. Itulah kenapa, saya juga memilih Kelas Main Harmoni.


 

Program Kelas Main Harmoni

Kelas Main Harmoni meyediakan berbagai macam program yang disesuaikan dengan usia anak yang bisa parents pilih. Program tersebut diantaranya :

1. Kelas Main

Kelas main memiliki dua level kelas yang disesuaikan dengan usia anak. Yang pertama, kelas adik dengan rentang usia 2 sampai 3.5 tahun. Kedua, ada kelas kakak dengan rentang usia 3.5 sampai 4.5 tahun. Setiap kelas akan ditemani 2 teachers dan maksimal 8-10 anak perkelasnya.

Dalam kelas main ini, anak-anak akan diajak belajar sambil bermain sesuai dengan tema pada bulan tersebut. Jadi, setiap bulannya Kelas Main Harmoni menyediakan tema yang berbeda yang bisa dinikmati anak-anak di kelas. Mainnya ngapain aja, sih?
 
Nah, kegiatan bermain dalam program ini diantaranya:
- Berdoa sebelum memulai kegiatan
- Menyapa teachers dan teman-teman di dalam kelas dengan cara yang menyenangkan
yaitu sambil bernyanyi kemudian menyebutkan nama teman. Nama yang disebut wajib menjawab “Yes.. Yes..”
Nyanyian sapaan ini khas Kelas Main Harmoni banget. Kun juga selalu nyanyiin ketika berada di luar kelas. Kira-kira begini lyricsnya :
Good morning…. Good morning… to you to you and to you
Good morning… Good morning… to you and to you
Good Morning Kun
Kun selalu semangat say “Yes…Yes…” saat namanya disebut.
- Zumba & Dance
Setelah greeting, teachers akan mengajak teman-teman untuk zumba dan dancing. Kegiatan ini sangat bagus loh untuk kesehatan fisik maupun mental anak-anak. Menurut Najeelas Shihab, kerja otot akan membantu kerja otak. Anak-anak pun menjadi tidak mudah bosan.
- Read Aloud
Parents pasti tahu dong manfaat dari read aloud atau membaca nyaring ini? Bener banget, read aloud merupakan salah satu kegiatan pra-membaca untuk anak. Melalui read aloud anak-anak dapat memperbanyak kosakata.
Bacaan yang akan dibacakan oleh teacher juga akan menyesuaikan dengan temanya, jadi anak-anak bisa lebih paham melalui cerita tersebut.
- Learn & Games
Agar anak tidak bosan dan menambah pemahaman tentang materinya, anak akan diajak bermain games seru mengenai tema. Gamesnya akan berupa matching game, maze, mengenal besar kecil, dan mengetahui kuantitas dari angka. Seru, kan?
- Craft
Diakhir kegiatan, anak-anak akan diajak membuat craft dan tentunya sesuai tema juga. Kelas main harmoni tidak menyediakan alat dan bahannya ya praents. Kenapa? Karena memang para teacher kelas main harmoni ingin parents yang menyiapkan bersama anak-anak sehingga ada kerjasama antara orang-tua dan anak, serta menambah kedekatan antara orang tua dan anak.
 
Bulan April kemarin Kun bermain dengan tema Luar Angkasa. Terasa lebih seru, karena memang Kun sangat tertarik dengan luar angkasa. Melalui read aloud, learn & games, serta craft dalam Kelas Main Harmoni bertema luar angkasa, Kun jadi semakin paham tentang apa saja yang ada di luar angkasa.

Oh iya, sebelum memulai kelas, teacher akan mengadakan pertemuan orang tua serta memberikan handbook untuk parents pelajari. Handbook berisi kalender bermain, craft yang akan dibuat setiap minggunya, weekly lesson plan, dan practice at home.
craft
Contoh Craft Kelas Main Harmoni

lesson plan
Contoh Weekly Lesson Plan Kelas Main Harmoni

 

2. Kelas Islamic

Kelas ini merupakan kelas mengaji dan bermain dengan tema-tema Islami. Sebenarnya Kun belum pernah nih, ikut kelas Islamic karena memang belum cukup umurnya untuk ikutan kelas Islamic. Syarat usia untuk mengikuti kelas Islamic adalah minimal 4 tahun sampai 7 tahun.

Nah, kelas Islamic ini juga mempunyai tema tiap bulannya. Bulan Agustus nanti bertema Binatang yang Ada dalam Al-Quran. Apa saja sih, kira-kira yang akan diajarkan di kelas Islamic? Kelas Islamic nantinya akan mencakup 4 aspek yang akan diajarkan, yaitu Tauhid, Akhlak dan Adab, Qiroatil Qur’an, Fiqh for Kids.

Gimana, keren kan? Sebenarnya saat pertama kali kelas ini dibuka, dan ada free trialnya, ingin sekali mendaftarkan Kun. Karena melihat materinya saja sudah keren banget. Benar-benar hal utama yang harus anak tahu mengenai Islam. Sayangnya, Kun belum cukup umur hihi… (sabar bun, pelan-pelan :D)

Terus, apa saja ya kegiatan di kelas? Di kelas Islamic ini, akan dibagi menjadi 2 level, yaitu :
a. Mubtadi’ (basic), yaitu :
· Belum mengenal huruf hijaiyah
· Belum mampu membaca huruf berharakat
· Belum lancar membaca / menghafal surat-surat pendek

b. Mutawassith (Intermediate), yaitu :
· Sudah mampu menghafal semua huruf hijaiyah
· Mampu membaca huruf berharakat
· Sudah menghafal minimal 5 surat pendek

Kegiatan secara umum yang nanti isinya ada :
- Tilawah
- Membaca doa harian
- Pemberian materi sesuai tema
- Read Aloud sesuai tema
- Dan engga ketinggalan ada craftnya juga loh

Kegiatan sesi private :
- Makhorijul Huruf
- Tahsin / murajaah surat-surat pilihan
- Pemantapan tema

3. Kelas Calistung

Belajar baca tulis dan berhitung bersama Kelas Main Harmoni juga ada loh. Karena minimal usia 4 tahun, Kun juga belum merasakan asiknya kelas ini. Seperti kelas Islamic, kelas calistung juga dibagi menjadi 2 level kelas, yaitu :
a. Level Basic, yaitu kelas yang bertujuan :
· Anak memahami bunyi huruf
· Anak mampu menggunakan 2 tangan untuk menulis dan memegang kertas/buku
· Anak mampu memadukan huruf hingga membentuk suatu kata yang dipahami
· Anak mengenal angka 1-20

b. Level Intermediate, yaitu kelas yang bertujuan :
· Anak mampu memahami frasa dan kalimat sederhana (subject predicate object)
· Anak mampu menulis kalimat sederhana
· Anak mampu berhitung dengan angka (belasan – puluhan)

Agar anak lebih konsentrasi, kelas ini hanya berisikan 4 anak/kelasnya. Perbulannya hanya 4x pertemuan dengan durasi 70 menit (2x35 menit). Parents juga akan diberi progress report anak, worksheet, serta printable.
Kegiatan kelas calistung :
- Bernyanyi
- Zumba
- Read aloud
- Learning activities
- Materi calistung
- Worksheet
- Crafting

Semua kegiatan dalam Kelas Main Harmoni dilakukan melalui aplikasi Zoom Meeting. Adapun untuk printable yang akan diberikan setiap minggunya untuk anak berlatih di rumah, akan diberikan melalui Google Classroom.  

Biaya Pendaftaran & Jadwal Kelas Main Harmoni

Menurut saya, biaya untuk mengikuti Kelas Main Harmoni terbilang cukup murah dibandingkan kelas online lainnya yang pernah saya survey. Berikut info biaya pendaftaran disetiap pilihan kelasnya:

1. Kelas Main

Kelas Main Adik (usia 2th – 3.5th) : pukul 09.00 – 09.30 WIB dan 16.00 – 16.30 WIB
Kelas Main Kakak (usia 3.5th – 4th) : pukul 10.00 – 10.30 WIB dan 16.00 – 16.30 WIB
Biaya pendaftaran :
Selasa dan Kamis                                   : IDR 100.000
Rabu dan Jumat                                      : IDR 100.000
Sabtu                                                       : IDR 100.000
Minggu                                                   : IDR 150.000 
Sabtu dan Minggu                                  : IDR 200.000
VIP (bebas memilih hari Selasa-Jumat) : IDR 150.000
VIP dan Minggu                                     : IDR 200.000
Kelas Sore                                              : IDR 100.000

2. Kelas Islamic

a. Mubtadi’
Selasa 10.30 WIB (special belajar baca tulis Al-Quran) 4x pertemuan : IDR 125.000
Jumat 16.00 WIB 8x pertemuan termasuk sesi private : IDR 125.000
Sabtu 16.00 WIB 8x pertemuan termasuk sesi private : IDR 125.000
Sabtu 16.45 WIB 8x pertemuan termasuk sesi private : IDR 125.000

b. Mutawassith
Jumat 16.00 WIB 8x pertemuan termasuk sesi private : IDR 125.000
Sabtu 16.00 WIB 8x pertemuan termasuk sesi private : IDR 125.000
Sabtu 16.45 WIB 8x pertemuan termasuk sesi private : IDR 125.000

3. Kelas Calistung

Kelas diadakan 4x pertemuan dalam satu bulan dengan durasi 70 menit/ pertemuan IDR 250.000 (per bulan)

Dibentuknya Kelas Main Harmoni diharapkan agar anak-anak dan orang tua mau terlibat aktif dalam proses belajar anak-anak. Masa anak-anak tidak akan pernah terulang, ini kesempatan yang baik untuk membangun relasi yang baik dengan anak. Bagaimana parents? Apakah tertarik untuk mendaftarkan anak di Kelas Main Harmoni? Untuk parents yang mau mendaftar, boleh langsung ke media social resminya ya di
instagram :  @KelasMainHarmoni.
link pendaftaran : pendaftaran kelas main harmoni  


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

9 comments

  1. Kalau kelas islamic sama calistung itu usia berapa mandadee? Seru bgt ya. Kebetulan anakku belum sekolah formal. Baru aku ajarin sendiri usianya dah 4y10m. Paling aku ikutin kelas lepasan macam ni ;)

    ReplyDelete
  2. Pengen juga sih anakku ada kegiatan begini, tapi aku nya yang belum siap ngikutinnya hiks, jadi belajar mandiri aja dulu, aku takut adeknya ikutan heboh, kecuali ada yg offline nah aku mau ini..Mamak pusing kalo semua anak belajar online :(

    ReplyDelete
  3. Ternyata kelas harmoni pake metode Montessori jga ya mba...wah mau kepoin aaah...
    Anaku belum prnah ikut kelas apapun bahkan online di usianya 3,5thn ini...

    ReplyDelete
  4. Lihat nama kelasnya sudah terbayang asiknya mereka bermain. Belajar sambil bermain. Ini kelasnya Kuring apa daring ya mbak?

    ReplyDelete
  5. Waaaaah.. nambab lagi nih list sekolah bermain buat zea. Makasih mb reviewnya, aku makin semangat mau daftarkan zea sekolah main online

    ReplyDelete
  6. waaah seru nih, bisa jadi referensi untuk anakku juga 😍

    ReplyDelete
  7. Seru banget kelasnya mba. Sekarang kelas untuk anak usia dini udah makin beragam. Makin banyak juga pilihannya

    ReplyDelete
  8. Kalau di lihat lagi harganya lumayan murah ya mba, aku udah bandingin sama kelas lain yang sejenis. Ini emang murah lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iyakah Mom? Aku mulai kepikiran mau nyari kelas gini jga biar nambah sosialisasi anak..

      Delete

Post a Comment