header mandadee

5 Game Online Jadul Ini, Wajib Kamu Coba!

26 comments
Konten [Tampil]
game online

Nemu game online jadul tahun 90-an itu rasanya seperti menemukan harta karun yang berpuluh-puluh tahun tersimpan hihi. Memang segala sesuatu tentang tahun 90-an tak pernah lekang oleh waktu. Selalu bisa membuat tertarik dan bernostalgia. Seperti halnya, saat beberapa waktu lalu saya menemukan game online jadul ini, seketika membuat saya berbinar dan bersemangat memainkannya.

Menghalau kebosanan dengan memainkan game online sah-sah saja kan, moms? Apalagi saat sulit menemukan ide tulisan seperti saya, biasanya saya me-refresh diri salah satunya dengan bermain game online. Namun, kali ini tak lagi game dalam handphone yang saya buka. Lima games online jadul ini saya temukan secara kebetulan di plays.org.
 
Wah, padahal beberapa waktu lalu saya memesan game console yang berisi ratusan game jadul, karena kangen bernostalgia main game jadul. Eh, sebelum game console-nya datang malah nemuin game online jadul ini duluan. hihi

Buat momies yang ingin bernostalgia dengan games online jadul ini, yuk cobain deh!

5 Game Online Jadul yang Wajib Dicoba

1. Tetra Block Inspired by Tetris

tetris
Menurut Wikipedia, tetris adalah permainan teka-teki yang di buat oleh Alexey Pajitnov pada tahun 1984. Nama tetris berasal dari awalan numerik Yunani, yaitu tetra yang bermakna bangun dengan empat bagian. Biarpun terlihat dengan aturan game yang sederhana, tetapi permainan ini membutuhkan kecerdasan dan keterampilan.

Pertama kali bermain tetris sepertinya ketika masih duduk di Sekolah Dasar. Kalau tidak salah, saat itu bermain menggunakan Gameboy. Eh iya, versi Gameboy ini menjadikan tetris sebagai permainan terbaik sepanjang masa loh, moms. Engga heran sih, karena sampai saat ini tetris masih banyak diminati walaupun dengan versi yang berbeda dari tahun 90-an.

Nah, seperti yang ada di plays.org contohnya. Tetris yang ada dalam website ini bernama Tetra Block. Cara mainnya sama seperti tetris pada umumnya. Hanya nama dan tampilannya saja yang berbeda.

2. Pac-Rat Inspired by Pac-Man

pac man
Masih ingat dengan permainan satu ini, moms? Pac-Man merupakan permainan arcade yang dikembangkan dan dirilis oleh Namco pada tahun 1980 di Jepang. Ternyata judul asli Jepang dari game Pac-Man ini adalah Puck Man. Tapi karena akan rilis International, nama Puck Man dirubah menjadi Pac-Man untuk mencegah perusakan mesin arcade dengan mengganti huruf P menjadi F.

Yuk, sedikit menilik sejarah tentang Pac-Man, moms. Pada awal 1979, game Pac-Man mulai dikembangkan oleh Toru Itawani dan sembilan orang timnya. Game Pac-Man dibuat atas dasar keinginan Toru Itawani untuk membuat game yang bisa dimainkan oleh wanita ataupun pria. Soalnya, sebagian besar video game saat itu, bertemakan perang atau olahraga.

Uniknya lagi nih, moms karakter Pac-Man terinspirasi dari bentuk pizza yang dipotong satu slice hihi. Kalau bagian mulutnya, dari karakter Jepang “kuchi” (search aja ya moms, gimana bentuk kuchi, hihi).

Kalau Pac-Man asli, harus memakan semua titik di dalam labirin tertutup sambil menghindari empat hantu berwarna, sedangkan di plays.org karakter Pac-Man berbentuk tikus yang juga mengejar tikus jahat. Power Pellet alias titik besar yang berkedip di permainan Pac-Man, berbentuk chesee di permainan ini. Game-nya diberi nama Pac-Rat.

Game lainnya yang juga terinspirasi oleh Pac-Man adalah Math Man. Cocok sekali untuk bermain bersama anak-anak loh moms. Bermain game sambil berlajar berhitung. Karakter dalam Math Man ini sama dengan Pac-Man hanya saja Power Pellet-nya berbentuk tanda-tanya. Di mana Math Man harus memakan tanda-tanya tersebut, lalu akan keluar pertanyaan hitungan. Jawabannya ada pada hantu. Math Man wajib memakan hantu yang berisi jawaban dari pertanyaan tersebut. Menarik ya, moms?

3. Solitaire

soiltaire
Wah baru tau nih, kalau solitaire punya nama lain patience game. Solitaire atau patience game ini berasal dari German. Game ini juga popular di Perancis pada abad ke-19. Lama juga ya moms?

Kira-kira kapan pertama kali moms mainin Solitaire? Kalau saya waktu pertama kali punya PC, masih Pentium 4 kalau tidak salah hahaha. Jadul sekali ya? PC pertama dan terakhir saya.

Sebelum mengenal game online, solitaire menjadi satu-satunya game favorite yang ada di PC. Handphone belum secanggih saat ini yang bisa main game apa saja. Begitu juga akses internet yang terbatas. Membuat gen-90an hanya mengenal game-game tertentu saja.

Permainan solitaire di plays.org juga masih sama seperti solitaire jaman dulu. Banyak macamnya sih, ada mahjong misalnya. Bisa dipilih deh mau solitaire yang kaya gimana. Kalau saya, masih suka yang Classic Solitaire.

Kalau permainannya sendiri gampang-gampang susah sih. Sampai dengan saat ini, kalau main draw 3 cards mode, engga pernah berhasil selesai hahaha. Tetap membutuhkan ketelitian, salah langkah, engga bisa mundur lagi deh. Kartu akan terkunci.

4. Snake

snake
Kalau snake pasti moms udah paham banget dong? Pertama kali bermain snake di handphone monophonycs yang hits di jamannya. N3310. Hahaha ular akan semakin memanjang ketika memakan titik yang ada di sekitarnya. Namun, permainan akan berakhir ketika kepala ular menabrak badan atau ekornya.

Nah, beberapa waktu lalu juga sedang ramai-ramainya snake veris worm yang visualisasinya udah modern banget. Makananya tidak hanya berbentuk titik, namun sudah berbentuk makanan asli. Kalau di website plasy.org yang saya temui ini, ada macam-macam juga. Dari yang classic snake sampai yang 3D snake.
 

5. Invace Spaders Inspired by Space Invaders

space invaders
Space Invaders ini benar-benar mengingatkan saya akan masa kecil. Dulu saya dan adik bermain Space Invanders di tempat “ding dong” namanya kalau di tempat kami, alias mesin arcade. Bermainnya menggunakan koin. Serunya masa-masa itu. Sayangnya ding dong tempat kami bermain sudah tidak ada, terbakar.

Nah, bermain Invace Spaders mengingatkan saya akan masa-masa itu. Keseruannya, tempatnya, suasananya. Masih tak terkalahkan, walaupun saat ini masih bisa diakses versi lainnya secara online.

Game yang di desain oleh Tomohiro Nishikado pada tahun 1978 ini, menjadi salah satu video game yang paling berpengaruh sepanjang masa loh, moms. Banyak video game dari berbagai platform yang terinspirasi oleh Space Invaders. Termasuk Invace Spaders salah satunya.

Seru ya moms, mengenang masa-masa tahun 90-an melalui game-game jadul ini. Kalau favorite moms yang mana? Eits, tapi jangan sampai lupa waktu ya moms mainnya. Hihi. Walaupun begitu, jangan khawatir dan menganggap bermain game hanya membuang-buang waktu. Bermain game juga memiliki banyak manfaat loh moms. Apa saja manfaatnya?

5 Manfaat Bermain Game

manfaat game
Banyak orang yang menganggap bermain game adalah sesuatu yang bersifat negatif. Apalagi kalau sampai kecanduan dan tidak tahu waktu. Namun, coba kita tilik dulu yuk, manfaat bermain game.

1. Stress Hilang, Pikiran Fresh

Menghilangkan stress saat bermain game adalah manfaat yang paling saya rasakan. Saat bermain game rasanya semua beban dan penat karena aktivitas keseharian bisa teralihkan. Biasanya setelah bermain game, pikiran akan kembali fresh. Termasuk ketika mandeg menulis, dengan bermain game semangat menulis kembali muncul.

2. Memperbanyak Kosa-kata Bahasa Inggris

Percaya atau tidak bermain game bisa memperbanyak kosakata Bahasa Inggris, loh. Dulu ketika bermain Harvest Moon, saat itu masih duduk di Sekolah Dasar, belajar Bahasa Inggris menjadi sesuatu yang wah. Tidak seperti saat ini di mana Pendidikan Anak Usia Dini pun sudah diajarkan Bahasa Inggris. Namun, melalui permainan Harvest Moon saya bisa belajar banyak kosakata Bahasa Inggris loh, moms. Begitu juga anak saya saat bermain game, pun dia mengenal banyak kosa kata Bahasa Inggris dari game yang dia mainkan.

3. Fokus Meningkat dan Terlatih Mengambil Keputusan

Dalam bermain game tentunya kita butuh untuk fokus. Kalau tidak, bisa-bisa kita salah mengambil langkah dalam bermain game. Oleh karena itu, salah satu manfaat dalam bermain game adalah bisa meningkatkan fokus kita. Selain fokus, kita juga terlatih mengambil keputusan.

4. Team Work dan Membangun Hubungan Sosial

Pernah bermain game multi player? Beberapa game yang pernah saya mainkan membutuhkan pemain lebih dari satu. Sehingga permainan ini membutuhkan kerja sama tim dalam memainkannya. Ada pemimpin di dalamnya, menyusun strategi bersama tim agar bisa memenangkan permainan. Di sisi lain, dengan adanya multi player ini, membuat gamer memiliki relasi baru dan membangun hubungan sosial dengan orang baru. Bahkan saat ini, beberapa game juga sudah membentuk club dan sering berkumpul secara langsung.

5. Bisa Menghasilkan Cuan

Masa sih bermain game bisa menghasilkan cuan? Yups benar sekali. Beberapa game ada yang diperlombakan bahkan secara International. Dari sana kita bisa dapat menghasilkan pendapatan dari game.

Itulah lima game online jadul yang bisa kita nikmati beserta manfaat bermain game. Walaupun banyak manfaat yang bisa kita dapat dalam bermain game, namun tetap harus memperhatikan waktu dan pola hidup sehat dalam bermain game ya, moms. Jangan sampai kita kecanduan dan lupa waktu. Enjoy the game, and be happy.




Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

26 comments

  1. Tetris dan solitaire itu aku banget mbak... Dulu sampe pamer2 high score segala, hihihi...

    ReplyDelete
  2. Wkw,, kalo ini mah semuanya bakal kumainkan, Mom :D seru abis yak, bisa jadi nostalgia gitu loh, keren dahhh :D Thanks sharingnya Mom jadi nyoba gamenya dan ketagihan haha :D

    ReplyDelete
  3. et dah sudah lama ga nyobain solitair, jadi kangen ngegame euy. Emang manfaat game itu bisa bikin fresh pikiran sih.

    ReplyDelete
  4. Duh, mau dong kak yang manfaat nomor 5.hehe

    ReplyDelete
  5. wah akupunp enyuka game jadul sejak tahu plays ini aku lebih suka neggam dari web hehehe

    yup yup kalo disikapi dengan bijak game itu tak selalu jadi candu kok. bahkan memebri manfaat ya mbak

    ReplyDelete
  6. Eh jdi nostalgia baca ini Mba, dlu paling sering main yg snake, rasanya puas bgt klo bsa naik level

    ReplyDelete
  7. Dulu saya paling suka main tetra block di gameboat, sekarang versi kekiniannya sudah ada di plays.org, ya.

    ReplyDelete
  8. Snake sama Space Invaders tuh membekas banget si, mainnya di hp gitu dan sukanya rebutan sama sepupu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan samaan kita mba, main 2 game itu nagih banget pake hp nokia jaya di era nya.. eh ternyata ada di web nya plays.org yaa

      Delete
  9. Soliter game pavorit, sering saya mainkan di sela sela kerja ,, bahkan sampai sekarang ...

    ReplyDelete
  10. Tetris dan Snake adalah favoritku. Meski terlihat biasa tapi ngegame itu perlu strategi juga ya mb. tapi asiknya, mikir yang bikin happy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kok samaan sih mbak sendy aku juga suka main snake dan tetris ini , di apapun ish baik di gimbot hp jadul eh skrg ada plys masih suka pilih ini hahahaha dasar aku orangnay setia cieyeeeee

      Delete
  11. Jadul tapi ngangeni lho...
    Bunda seneng baca ulasan ini, mendapat dukungan bermain game nih... Heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah iya Bun, aku pun mikir begini, yuk lah ga papakali emak-emak main game juga

      Delete
  12. Aku suka tetra block, snake, dan solitaire. Seru sih meski game sederhana hehe

    ReplyDelete
  13. Aku kurang suka gmae, tapi liat dari tulisan mba.. Kayanya cocok untuk adeadeku

    ReplyDelete
  14. Solitaire ini emang game kesukaan banyak orang deh ya ... Aku juga sampai sekarang suka banget game ini.. hehehe

    ReplyDelete
  15. Waaah, semuanya pernah nyoba meski dah bukan anak-anak waktu itu. Karena zaman kecil nggak suka main beginian, lebih senang main sama teman-teman.

    ReplyDelete
  16. Jadi ingat dulu kalau ada waktu senggang masih pakai hp jadul pasti main game snake.. Dan selalu berhasil jadi panjang banget ularnya.. Hihiii,,

    ReplyDelete
  17. Aku suka tetris di game boat dulu, selalu pemasaran dan pengen dapat poin lebih tinggi tiap harinya.

    ReplyDelete
  18. ya ampun sekarang game jadul udah diperbarui ya mbak. dulu aku paling suka main solitaire. seruuu.

    ReplyDelete
  19. aku paling suka snake nih hahaha andalan banget itu dari jaman pertama kali kenal hp mbak

    ReplyDelete

Post a Comment