header mandadee

Tips Riset Trending Keyword Berdasarkan Niche Blog

3 comments
Konten [Tampil]
Melakukan riset keyword untuk sebuah artikel masih menjadi PR terbesar buat saya. Bulan lalu, saya mengikuti kelas bimbingan AdSense batch 6 oleh kak Alex Alfan. Meskipun berujung tidak lolos karena tidak memenuhi 7 tantangan yang diberikan hihi.
Dalam dunia blogging, meriset keyword sangat penting dilakukan agar artikel yang kita buat bisa ditemui banyak orang. Syukur-syukur bisa page one di mesin pencari Google kan? Salah satu tugas yang diberikan kak Alex adalah membuat artikel berdasarakan trending keyword di hari itu. Baik trending google, youtube, ataupun twitter.
Trending keyword merupakan kata kunci yang banyak dicari oleh orang di hari itu. Atau bisa dikatakan kata kunci yang sedang viral di hari itu.
Sejujurnya, saat mengerjakan tugas trending keyword baik blogspedia ataupun tugas bimbingan AdSense ini, saya merasa kesulitan menyesuaikan trending keyword dengan niche blog. Apalagi niche blog blog journeyjournalku adalah tentang travelling. Duh… bikin puter otak.
Kenapa ko sulit? Soalnya, rata-rata keyword yang muncul adalah tentang sepak bola hahaha. Sedangkan, saya tidak begitu menggiati pertandingan sepak bola. Nah, terus gimana dong cara meramu keyword persepak-bolaan dengan niche blog kita? Kak Alex Alfand punya tipsnya nih, buat kita moms.

Tips Meriset Trending Keyword Berdasarkan Niche Blog

Sebenarnya tipsnya yang diberikan kak Alex Alfand cukup sederhana, namun untuk meramu kata-kata masih cukup sulit bagi saya. Langsung aja yuk, simak tipsnya.

1. Menginstall Aplikasi Trend Ranking

Untuk mengetahui apa yang sedang trend di hari itu, kita perlu menginstall aplikasi trend ranking dulu moms. Dalam aplikasi itu, sudah lengkap sekali keyword yang sedang dicari banyak orang di mesin pencari google, youtube, ataupun twitter.
Opsi yang kedua, kalau kita tidak ingin menginstall aplikasi karena limit storage, saran coach Marita nih, kita bisa membuka situs Google Trend, atau buka Youtube dan liat video apa yang sedang trending di hari itu, atau bisa juga intip trending topic di Twitter.

2. Pilih Trending Keyword yang Sesuai dengan Niche Blog

Nah, ini yang lumayan sulit. Karena belum tentu keyword yang ada di hari itu sesuai dengan niche blog kita. Mau tak mau, keyword yang ada kita ramu sesuai dengan niche blog.
Misalnya, salah satu keyword yang sedang trending hari ini adalah Google. Kebetulan hari ini google sedang berulang-tahun yang ke-23. Kebetulan dalam niche blog mandadee ini ada niche biografi. Saya ambil, biografi CEO Google Sundai Pichai.
Mengenal CEO Google, Sundai Pichai melalui Biografinya
Dalam judul di atas, tersemat niche blog kita dan keyword yang sedang trending yaitu Google

3. Susun Artikel Trending Keyword

Ada batasan waktu dalam pembuatan artikel berdasarkan trending keywor, menurut Kak Alex Alfand nih ada 3 waktu :
- Max Trending : ditulis dalam waktu 4 jam setelah trending keyword muncul
- Middle Trending : ditulis dalam waktu 12 jam setelah trending keyword muncul
- Loses Trending : ditulis dalam waktu 20 jam setelah trending keyword muncul
Nah, kira-kira moms bisa menuliskan artikelnya dalam rentang waktu berapa jam setelah keyword muncul nih?
Jumlah kata dalam penulisan artikelnya pun, menurut Kak Alfand minimal 1000 kata untuk penulisan artikel trending keyword.

Sudah dapat gambaran belum moms, dari 3 tips riset trending keyword berdasarkan niche blog di atas? Selamat mencoba ya.

Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

3 comments

Post a Comment