header mandadee

Asupan Nutrisi Tingkatkan Imunitas, Contek Resepnya di Yummy App!

2 comments
Konten [Tampil]
asupan nutrisi

Sudah hampir dua tahun lamanya pandemi Covid-19 belum juga berlalu. PPKM tak juga kunjung usai, yang artinya masih banyak penyebaran kasus Covid-19. Buat saya yang sedang hamil dan memiliki dua balita, tentu saja hal tersebut menjadi kekhawatiran tersendiri. Ditambah lagi berita duka orang-orang sekitar terus berdatangan. Lalu, apa yang bisa saya lakukan untuk mencegah tertularnya virus Covid-19?
Selain taat prokes, menjaga sistem imun tubuh saya dan anggota keluarga adalah salah satu usaha yang wajib saya lakukan.

Apa itu Sistem Imun Tubuh?

Sistem imun merupakan sistem kekebalan tubuh yang melindungi tubuh kita dari bakteri, virus, jamur, atau parasit penyebab penyakit. Jika sistem imun melemah, maka kita akan mudah terserang penyakit. Termasuk virus Covid-19.
Menurut Kepala Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universita Gadjah Mada, dr. Deshinta Putri Mulya, M.Sc., Sp.PDKAI., FINASIM., manusia memiliki dua macam imunitas, yaitu :
1. Imunitas Innate – yaitu imunitas alamiah yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh yang pertama kali melawan semua kuman (antigen) yang masuk ke dalam tubuh.
2. Imunitas Adaptif – yaitu sistem pertahanan tubuh yang bersifat lebih spesifik yang muncul akibat adanya rangsangan patogen tertentu seperti flu, pneumonia, dan lainnya.
Kedua sisten imun tersebut menjadi bagian terpenting dari sistem imun tubuh manusia yang melindungi dari ancaman patogen.

Fungsi Sistem Imun dalam Tubuh Manusia

Beberapa fungsi penting sistem imun bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya:
1. Melindungi tubuh dari ancaman patogen dan mengeluarkannya dari tubuh kita
2. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan mendeteksi jaringan sel yang abnormal.
3. Mengenali zat berbahaya di lingkungan sekitar kita dan menetralisirnya.
4. Melawan dan menghancurkan sel kanker atau zat asing lain yang merubah tubuh secara keseluruhan.
Nah, jika sistem imun ini berfungsi dengan baik, maka sistem imun mampu melindungi tubuh dari berbagai macam serangan penyakit. Oleh karena itu, meningkatkan sistem imun sangat penting untuk melawan virus Covid-19.

Asupan Nutrisi dengan Gizi Seimbang, Tingkatkan Imun Tubuh

Selain berolahraga, tidur yang cukup, mengelola stress, menjaga asupan nutrisi dengan gizi seimbang juga sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh loh, moms. dr. Deshinta menjelaskan bahwa makanan yang mengandung vitamin A, C, E, dan D bisa memperbaiki kerja sel imun dam kerja imun alami.
Asupan nutrisi dalam makan bergizi sangat penting bagi kesehatan dan mencegah terserang penyakit. Karena jumlah nutrisi yang dihasilkan tubuh, belum tentu mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Untuk itu, konsumsi makanan yang bergizi yang mengandung nutrisi macronutrients berupa protein, karbohidrat dan lemak serta nutrisi micronutrients berupa vitamin dan mineral sangatlah penting.

Kebutuhan Nutrisi Macronutrients

1. Protein

Protein berguna untuk membantu pembentukan seluruh bagian tubuh. Mulai dari sel, tulang kulit, dan rambut mengandung protein. Termasuk hormon, antibodi juga terbuat dari protein. Kebutuhan protei bisa terpenuhi dengan mengonsumsi asam amino dan beberapa asam amino hanya bisa diperoleh dari makanan bergizi.
Contoh makanan yang mengandung asam amino diantaranya, ikan, telur, dan daging. Kacang-kacangan, kedelai, dan gandum juga mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi menjadi sistem saraf pusat dan juga otak. Asupan karbohidrat ini berguna untuk menjaga kesehatan. Jenis karbohidrat sehat diantaranya, biji-bijian dan sayuran kaya serat.

3. Lemak

Lemak sehat dapat menyokong fungsi tubuh seperti penyerapan vitamin, pembentukan sel, pergerakan otot, dan proses pembekuan darah.
Dilansir sehatq.com, mengonsumsi lemak sehat akan membantu menjaga kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, serta meningkatkan fungsi otak.
Sumber lemak sehat diantaranya, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan juga minyak sayuran. Hindari lemak jenuh seperti keju, daging merah, es krim, atau butter berlebihan dalam asupan harian.

Kebutuhan Nutrisi Micronutrients

1. Vitamin

Vitamin merupakan sumber antioksidan yang bisa menjaga tubuh dari kerusakan akibat zat radikal bebas. Kekurangan vitamin dapat menyebkan masalah kesehatan dan menimbulkan penyakit.

2. Mineral

Mineral juga penting untuk menyokong fungsi tubuh, termasuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Beberapa jenis mineral yang paling umum adalah kalsium, zat besi, dan zinc.

3. Air

Setuju engga sih, moms kalau kita tidak bisa bertahan hidup beberapa hari tanpa asupan cairan? 62% berat badan seseorang berupa cairan. Asupan cairan cukup, dapat mengoptimalkan fungsi otak. Cairan juga membantu membuang zat beracun. Mendistribusikan nutrisi ke sel, menghidrasi tubuh, dan mencegah terjadinya konstipasi.

Resep Penjagaan Imun Tubuh ala Yummy App

Setelah mengetahui apa itu dan fungsi dari sistem imun tubuh, serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan imunitas kita, saatnya meramu masakan! Kira-kira masakan apa ya yang mengandung nutrisi di atas? 
Nah, saya sudah tidak perlu bingung lagi moms, memikirkan menu apa yang mencakup nutrisi di atas. Karena, saat ini saya menggunakan Yummy App, yang langsung menyajikan menu untuk menjaga imun tubuh.
Cukup klik kolom Resep Penjagaan Imun Tubuh, semua resep masakan yang memenuhi nutrisi untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh keluar pada layar. Tinggal pilih deh, menu apa yang sesuai dengan selera kita. Kebetulan juga, saya termasuk emak-emak yang tidak suka menghafal resep masakan hihi. Menggunakan Yummy App, memudahkan saya untuk mencari beragam resep masakan.
Menu di bawah ini adalah beberapa contoh menu untuk menjaga imun tubuh :

resep yummy app
Berbeda dengan aplikasi lainnya, di setiap menu kita bisa mengetahui berapa waktu dan budget yang dibutuhkan untuk memasak menu tersebut, cukup untuk berapa porsi, bahkan ada info mengandung babi atau tidak (halal atau tidak).
fitur yummy app
Selain makanan, moms juga bisa menemukan kreasi minuman untuk menjaga imun tubuh dalam Yummy App. Jadi, kita bisa menyajikan minuman herbal yang bervariatif di tengah keluarga.
resep yummy app

resep yummy app

resep yummy app

Review Yummy App

Siapa sangka kalau Yummy sudah berdiri sejak tahun 2016. Sebelum meluncurkan Yummy App, Yummy telah sukses dengan kontennya yang membahas resep, tutorial, dan tips memasak di media sosial Facebook Yummy Indonesia dan instagram @yummy.idn. Oh ya, Yummy ini berada di bawah naungan IDN Media.
Pada tahun 2019, barulah Yummy meluncurkan Yummy App dengan harapan membantu dan mencoba lebih dekat dengan audience.
Menurut saya, Yummy App sangat user friendly bahkan bagi pengguna yang baru pertama memakainya. Aplikasinya mudah digunakan. Selain itu fiturnya pun banyak dan lengkap. 
Berikut berapa fitur Yummy App :
fitur yummy app

1. Fitur Home

a. Pada fitur home terdapat kolom nama pengguna. Sebutannya Chef loh. Jadi pada kolom tersebut saya disebut sebagai Chef Dea. yiipiii
b. Kolom Search - pada kolom search moms bisa mencari resep yang moms mau, atau mencari bisa juga mencari akun chef yummy
c. Kolom Trending - Resep masakan yummy yang sedang trending saat itu
d. Event dan Promosi - pada kolom ini terssedia informasi event dan promosi yang diselenggarakan Yummy App
e. Akun Official - nah, akun official ini berisi akun-akun chef ternama loh. Jadi kita bisa mencoba resep-resep dari chef kenamaan secara gratis.
f. Resep sesuai kategori - ada beberapa resep sesuai kategori, dari resep nusantara, resep masakan korea, bahkan resep ide jualan juga ada di Yummy App.

fitur yummy app

2. Fitur Masak & Fitur Filter

Menurut saya fitur ini unggulan banget sih. Kenapa? 
a. Fitur Masak - Yummy App akan merekomendasikan masakan apa saja sesuai dengan bahan yang kita punya di rumah. Caranya juga gampang banget. Kita cuma memasukan paling tidak 2 bahan, biar Yummy App yang mencari masakan yang sesuai. 😊
b. Fitur Filter - dengan menggunakan fitur filter tidak perlu khawatir mau masak ditanggal tua, karena Yummy App akan merekomendasikan masakan sesuai dengan budget kita.

Yummy App keren banget kan. Resep untuk meningkatkan imunitas saja sudah disediakan kolom khususnya. Cocok buat moms, yang tiap pagi bingung mau masak apa. Segera download yuk. Karena bagi Yummy App #MasakItuGampang.

Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

2 comments

  1. Aku pengguna yummy app mbak hahaha. Emang enak dan lengkap ya, mama fiturnya tuh lho bisa disesuaikan dg kebutuhan kita jadi asyik makainya.

    Aku kenal IDN 2019 tahu yummy ap ini 2020

    ReplyDelete
  2. Sebagai seseorang yang gak jago masak kayanya instal yummy app bisa jadi solusi nih.. Makasih mba rekomendasinyaa

    ReplyDelete

Post a Comment